Kamis, 29 November 2012

Proposal PTK Ambon Ariana,S.Ag SMPN 1 HULU SUNGKAI


          Proposal Penelitian Tindakan Kelas

                                                                 
MENINGKATKAN PRESTASI  BELAJAR MATEMATIKA
MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIPE STAD
SISWA KELAS VIII A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 HULU SUNGKAI
TAHUN 2012





















Diajukan sebagai syarat kenaikan pangkat dari golongan III B ke III C

                                                                         Oleh :
                                                            AMBON ARIANA,S.Ag
                                                            NIP. 19770830 2006042014

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA
SMP NEGERI 1 HULU SUNGKAI
TAHUN 2012
                                                      LEMBAR PENGESAHAN
            MENINGKATKAN PRESTASI  BELAJAR MATEMATIKA
MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIPE STAD
SISWA KELAS VIII A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 HULU SUNGKAI
TAHUN 2012



                                                                       Oleh :
Nama                                                   :  AMBON ARIANA,S.Ag
NIP                                                     : 19770830 2006042014
Pangkat / Golongan                             : Penata Muda TK.I / III B
Unit Kerja                                            : SMP Negeri 1 Hulu Sumgkai



Mengetahui                                                                  Hulu Sungkai,  September 2012
Kepala SMP Negeri 1 Hulu Sungkai                           Yang membuat PTK


EDI SURAHMAT,S.Pd                                                       AMBON ARIANA,S.Ag
NIP.196012191982071001                                        NIP. 19770830 2006042014


                                                                                   

ABSTRAK
   AMBON ARIANA,S.Ag      

Judul penelitian ini adalah : MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA  MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN  KOOFERATIF  TIFE  STAD  SISWA  KELAS VIII A  SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 HULU SUNGKAI TAHUN 2012
Sejak tahun 2007 SMP sudah menggunakan KTSP yang dibuat oleh seluruh warga sekolah.Dalam KTSP itu termuat mata pelajaran Matematika dengan jumlah 6 jam mata pelajaran setiap minggu.Adapun yang mempengaruhi aktivitas belajar Matematika pada SMP diantaranya adalah meningkatnya aktivitas siswa,interaksi antar siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,pemenuhan tugas siswa.Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooferatif tife STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Hulu Sungkai Tahun 2012.
Penelitian Tindakan kelas ini,subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri.1 Hulu Sungkai Dan sumber data yang digunakan adalah aktivitas belajar siswa,hasil belajar siswa,dan hasil kerja kelompok siswa.Dalam proses pengembalian data penulis menggunakan teknik observasi,test,dan penilaian portofolio ( Kerja Kelompok ).
Berdasrkan hasil penelitian ,diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar Matematika Melalui pembelajaran kooferatif tife STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Hulu Sungkai Tahun 2012.yaitu selalu memberikan peningkatan dari pertemuan pertama sampai keenam.











                                                KATA PENGANTAR

Puji serta syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena dengan rahmat,dan hidayah-Nya,sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal Penulisan Tindakan Kelas (PTK) ini tepat pada waktunya dengan judul “MENINGKATKAN PRESTASI  BELAJAR   MATEMATIKA
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOFERATIF  TIFE  STAD SISWA KELAS VIIIA SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 HULU SUNGKAI  TAHUN 2012.Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan PTK ini masih banyak terdapat kekurangan,oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan isi PTK ini dikemudian hari.
Dan pada kesemapatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.Kepala Sekolah dan
seluruh dewan Guru SMP N 1 Hulu Sungkai Kabupaten                       
Lampung  Utara yang telah banyak membantu penulis dalam memperoleh data-data yang penulis butuhkan.
2.Orang Tuaku,Suamiku dan anandaku tersayang yang turut memberikan dorongan serta     semangat dalam belajar  hingga penulis dapat menyelesaikan PTK ini tepat pada waktunya.
            Penulis berharap semoga proposal PTK ini dapat bermanfaat baik bagi penulis sendiri,maupun bagi para dewan guru lanjutan sebagai reperensi atau literatur.
                                                                                    Hulu Sungkai,  September 2012


                                                             AMBON ARIANA,S.Ag
                                                                                    NIP. 19770830 2006042014






                                                            DAFTAR ISI
Logo..................................................................................................................i
Pengesahan..................................................................................................................ii
Absrak.........................................................................................................................iii
Kata Pengantar............................................................................................................iv
Dafta isi.......................................................................................................................v
Daftar Tabel................................................................................................................vi

BAB I                         : PENDAHULUAN
                                      A.Latar Belakang Masalah...................................................
                                      B.Identifikasi Masalah.........................................................
                                      C.Rumusan Masalah............................................................
                                      D.Tujuan Penelitian……………………………………….
                                      E Manfaat Penelitian...........................................................
BAB II                                    : KAJIAN PUSTAKA
                                      A.Pembelajaran Matematika di SMP N 1 Hulu Sungkai.........
                                      B.Aktivitas Belajar...................................................................
                                      C.Model Pembelajaran……………………………………….
                                      D.Penelitian Tindakan Kelas (PTK)........................................
BAB III                      : METODE PENELITIAN
                                      A.Setting                                        
                                          1. Tempat dan waktu……………………………………..
      2. Observer……………………………………………….
      3. Rancangan……………………………………………..
                                      B.Subyek Penelitian...............................................................
                                      C.Sumber Data
                                           1.Proses Belajar Siswa………………………………………    
                                           2.Hasil Kerja Kelompok……………………………………..
                                           3. Hasil Belajar………………………………………………
                                      D.Teknik Pengumpulan Data
                                          1. Pengamatan.........................................................................
                                          2. Penilaian Arsip……………………………………………
                                          3. Tes dan Post tes………………………………………….

DATAR PUSTAKA
LAMPIRAN


















                                                            Daftar Tabel

Tabel.1 Jadual Penelitian Tindakan Kelas (PTK) .........................................................
Tabel.2 Data Aktivitas Belajar Siswa ...........................................................................
Tabel.3 Nilai Test Siswa ..............................................................................................
Tabel.4 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok ) .......................................................
Tabel.5 Data Aktivitas Belajar Siswa .........................................................................
Tabel.6 Nilai Test Siswa ............................................................................................
Tabel.7 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok ) .....................................................
Tabel.8 Data Aktivitas Belajar Siswa .......................................................................
Tabel.9 Nilai Test Siswa ...........................................................................................
Tabel.10 Penilaian Portofolio ...................................................................................
Tabel.11 Data Aktivitas Belajar Siswa .....................................................................
Tabel.12 Nilai Test Siswa ............................................................................................
Tabel.13 Penilaian Portofolio  ( Kerja Kelompok ) ...................................................
Tabel.14 Data Aktivitas Belajar Siswa ......................................................................
Tabel.15 Nilai Test Siswa ..........................................................................................
Tabel.16 Penilaian Portofolio  ( Kerja Kelompok ) ..................................................
Tabel.17 Data Aktivitas Belajar Siswa .....................................................................
Tabel.18 Nilai Test Siswa .........................................................................................
Tabel.19 Penilaian Portofolio  ( Kerja Kelompok ) ...................................................
Tabel.20 Data Aktivitas Belajar Siswa ......................................................................
Tabel.21 Nilai Test Siswa ..........................................................................................
Tabel.22 Penilaian Portofolio  ( Kerja Kelompok ) ................................................
Tabel.23 Data Aktivitas Belajar Siswa ......................................................................
Tabel.24 Nilai Test Siswa ..........................................................................................
Tabel.25 Penilaian Portofolio  ( Kerja Kelompok ) .................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang masalah
            Dalam pembelajaran aktivitas dan kreatif mengandung makna ,siswa mampu mengikuti pembelajaran yang efektif,efisien dan menyenangkan.Oleh sebab itu guru harus menggunakan bermacam-macam model pembelajaran yang menarik untuk ,mencapai hasil yang diharapkan diantaranya adalah menggunakan model kooperatif tipe STAD            Bila kita amati dilapangan ,bahwa guru sudah menunjukkan kinerja maksimal didalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendidik,pengajar dan pelatih.Akan tetapi masih ada sebagian guru yang belum menunjukkan kinerja baik,tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja guru secara makro
            Sejak tahun tahun 2007 SMP N 1 Hulu Sungkai sudah menggunakan KTSP yang dibuat oleh seluruh warga sekolah.Dalam struktur KTSP itu termuat mata pelajaran Matematika dengan jumlah 6 jam pelajaran setiap minggunya.Dalam dokumen 1 KTSP telah dilengkapi dengan hari efektif dan disesuaikan dengan dokumen 2 telah memuat Silabus,RPP Berkarakter setiap mata pelajaran secara lengkap termasuk mata pelajaran Matematika.Adapun mempengaruhi aktifitas belajar Matematika pada SMP N 1 Hulu Sungkai  diantaranya adalah meningkatnya aktivitas belajar siswa,interaksi antar siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,pemenuhan tugas siswa.
B.Identifikasi masalah
            Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah diatas,maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut:
1.      Apakah Model Pembelajaran kooferatif tife STAD  dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas VIII A SMPN 1 Hulu Sungkai kabupaten Lampung Utara tahun 2012 ?
2.      Apakah model pembelajaran kooferatif tife STAD dapat meningkatkan interaksi antar siswa dengan siswa dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Hulu Sungkai kabupaten Lampung  Tahun 2012?
3.      Apakah model pembelajaran kooferatif tife STAD dapat meningkatkan interaksi antar siswa dengan guru dalam pembelajaran Matematika di kelas VIII A di SMP Negeri 1 Hulu Sungkai kabupaten Lampung Tahun 2012?
4.      Apakah model pembelajaran kooferatif tife STAD dapat meningkatkan kerja sama dalam pembelajaran Matematika di kelas VIII A pada siswa kelas di SMP Negeri 1 Hulu Sungkai kabupaten Lampung Tahun 2012?
5.       Apakah Model Pembelajaran kooferatif tife STAD  dapat meningkatkan prestasi belajar matematika di kelas VIII A SMPN 1 Hulu Sungkai kabupaten Lampung Utara tahun 2012 ?
6.       Apakah model pembelajaran kooferatif tife STAD dapat meningkatkan pemahaman matematika di kelas VIII A SMPN 1 Hulu Sungkai kabupaten Lampung Utara tahun 2012 ?
C.Rumusan Masalah.
 Berdasarkan evaluasi diri sekolah,baik Ujian Nasional dan Ujian Sekolah pada tahun lalu diperoleh nilai rata-rata belajar yang kurang memuaskan.Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitan dengan judul MENINGKATKAN PRESTASI  BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIFE STAD SISWA KELAS VIII A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 HULU SUNGKAI  TAHUN 2012
D. Tujuan Penelitan Tindakan Kelas (PTK).
     Tujuan Penelitan Tindakan Kelas (PTK) ini adalah sebagai berikut:
     1.Meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa
     2.Meningkatkan interaksi antar siswa dengan siswa dalam belajar Matematika
     3.Meningkatkan interaksi antar siswa dengan guru dalam belajar Matematika
     4 Meningkatkan kerjasama belajar Matematika pada siswa
     5.Meningkatkan prestasi belajar Matematika pada siswa
     6 Meningkatkan pemahaman tugas belajar Matematika pada siswa
E.Manfaat Penelitaian Tindakan Kelas (PTK)
            Diharapkan penelitian tindakan kelas ini dapat bermanfaat bagi lingkungan pendidikan terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara beserta jajaranya dapat memfasilitasi work shop baik tingkat kabupaten maupun kecamatan untuk melakukan Penelitaian Tindakan Kelas (PTK),sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa,interaksi siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,dan pemenuhan tugas siwa di SMP Kabupaten Lampung Utara terutama pada SMP Negeri
1 Hulu Sungkai.




















                                                            BAB II
                                                KAJIAN PUSTAKA
A.Pembelajaran Matematika di SMP N 1 Hulu Sungkai
Dalam pembelajaran seringkali kelas didomInasi oleh kelompok atas, sedangkan kelompok menengah apalagi kelompok tidak begitu nampak perannya dalam pembelajaran. Guru yang baik akan berusaha untuk melibatkan ketiga kelompok ini untuk ikut serta dalam proses pembelajaran. Berbagai cara dapat ditempuh baik melalui pengajuan pertanyaan secara langsung, menyusun stategi pembelajaran yang melibatkan seluruh kelompok siswa dalam kelas. Cara yang terakhir ini seringkali lebih efektif karena melibatkan seluruh anggota kelompok dalam kegiatan pembelajaran.
Pembelajaran kooperatif pada dasarnya adalah metode pembelajaran dengan menempatkan siswa dalam kelompok kemampuan anggota heterogen dan memberi penghargaan terhadap usaha dan keberhasilan kelompok, bukan pada perorangan. Gambaran umum dari pembelajaran kooperatif (Arends : 285) adalah sebagai berikut :
1.      Siswa secara kooperatif bekerja dalam kelompok untuk menguasai materi.
2.      Kelompok tersusun atas siswa dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah.
3.      Sistem penghargaan berorientasi pada kelompok, bukan perorangan.
4.      Bilamana mungkin memperhatikan ras, budaya, dan jenis kelamin siswa.
                Ada beberapa tipe pembelajaran kooperatif seperti Student Team Achievement Division (STAD), Jigsaw, Team Games Tournament (TGT). STAD merupakan tipe yang paling sederhana. Dan mudah dilaksanakan serta pendekatan secara langsung. STAD dapat diterapkan untuk berbagai mata pelajaran. Guru menentukan 2 – 6 siswa dalam kelompok berdasarkan jenis kelamin, kemampuan akademik, dan ras atau suku. Guru dapat memberikan materi secara langsung melalui presentasi untuk memberikan materi baru, melalui Lembar Kerja Siswa, atau bentuk penugasan. Kelompok berusaha bersama-sama saling menolong menguasai materi melalui tutorial, bertanya jawab, atau diskusi. Secara perseorangan siswa diberikan kuis tanpa boleh saling membantu antar anggota kelompok. Kuis tersebut diskors kemudian lembar jawab diberikan pada siswa. Peningkatan skor dilihat dari prestasi rata – rata sebelumnya.. kemudian diumumkan kelompok yang memiliki skor tertinggi (Arends : 119;Slavin : 71 – 72).

Kelebihan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah :
1.       Relatif mudah penyelenggaraannya
2.       Meningkatkan keakraban antar siswa
3.       Meningkatkan kemampuan anak kelompok bawah dengan relatif cepat.
4.       Siswa kelompok atas akan berusaha belajar lebih baik agar dapat mengangkat citra kelompok.
5.       Memotivasi siswa kelompok bawah agar ikut berperan mengangkat citra kelompok.
6.       Melatih anak untuk bekerjasama dan saling menolong dalam kelompok
            Istilah dalam bahasa inggris adalah Classroom Action Research (CAR).Dari namanya sudah menunjukkan isi yang terkandung didalamnya,yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan dikelas.Dikarenakan ada tiga kata yang membentuk pengertian tersebut,maka ada tiga pengertian yang didapat.
a.       Penelitan -  menunjuk pada suatu kegiatan mencermati suatu objek dengan menggunakan cara dan aturan metodelogi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti
b.      Tindakan – menunjujk pada suatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu.Dalam kegiatan berbentuk rangkaian siklus kegiatan untuk siswa.
c.       Kelas – dalam hal ini tidak terikat pada pengertian ruang kelas ,tetapi dalam pengertian yang lebih spesifik.Yang sudah lama dikenali dalam bidang pendidikan dan pengajaran,yang dimaksud dengan istilah kelas adalah kelompok siswa yang dalam waktu yang sama,menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula (suharsimi ,dkk.2001:2).
B. Aktivitas Belajar.
     Belajar adalah aktivitas siswa yang merupakan salah satu faktor yang penting dalam proses pendidikan.
Dalam penelitian tindakan kelas,belajar diartikan sebagai perubahan yang timbulkan oleh pengalaman baru yang mempengaruhi tingkah laku siswa dalam situasi tertentu,sebagai pengalaman yang baru yang diharapkan antara lain dari pembelajaran yang didominasi oleh guru menjadi pembelajaran yang melibatkan siswa aktif berinteraksi antara sisswa dengan siswa maupun siswa dengan guru.   
C..Model Pembelajaran
            Selama ini model pembelajaran yang diterapkan di SMP N 1 Hulu Sungkai terutama mata pelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran yang sifatnya ceramah.Oleh sebab itu peneliti akan menggunakan model pembelajaran kooferatif tife STAD,yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar,interaksi siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,dan pemenuhan tugas siswa pada kelas VIII A di SMP N. 1 Hulu Sungkai
D. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
            Karena data-data yang ingin dikumpulkan adalah meningkatkan aktivitas belajar,interaksi siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,dan pemenuhan tugas siswa pada kelas VIII A di SMP N. 1 Hulu Sungkai Maka dari itu peneliti menggunakan pembelajaran kooferatif tife STAD
            Adapun tahapan penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooferatif tife STAD penelitian tindakan sebagai berikut (suharsimi,dkk.2001:17):
1.      Tahap Rancangan Tindakan (Planning)
Dalam tahap ini menjelaskan tentang apa,mengapa,kapan,dimana,oleh siapa,dan bagaimana tindakan tersebut dilakukan .Penelitian tindakan yang ideal sebetulnya dilakukan secara berpasangan antara pihak melakukan tindakan dan pihak yang mengamati proses jalannya tindakan.
2.      Tahapan Pelaksanaan Tindakan (Acting)
Tahap kedua dari penelitian tindakan adalah pelaksanaan yang merupakan implementasi atau penerapan isi rancangan,yaitu mengenai tindakan dikelas
3.      Tahap Pengamatan (Observing)
Tahap ketiga yaitu kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh pengamat.
4.      Tahap Refleksi (Reflecting)
Tahap keempat merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah dilakukan .

                                                BAB III
                                    METODE PENELITIAN
A.Setting
1.Tempat dan waktu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
            Tempat setting pada penelitian ini adalah SMP N 1 Hulu Sungkai Kabupaten Lampung Utara.Adapun waktu penelitian selama  3 bulan dari tanngal 22 Agustus sampai dengan 22 Oktober 2012
2.Observer
            Observer pada Penelitian Tindakan Kelas ini saya sangat di bantu satu orang guru yaitu Jaja Sutrisna,S.Pd dengan alasan untuk membantu,mempermudah dan tercapainya objektivitas dalam penelitian ini.
3.Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),dilakukan dengan 2 siklus masing-masing siklus yaitu :
a.Siklus 1 terdiri dari pertemuan 1,pertemuan 2,pertemuan 3
b.Siklus 2 terdiri dari pertemuan 4,pertemuan 5,pertemuan 6
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada jawal tabel berikut:
Tabel.1Jadwal Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
NO
Hari/Tanggal
Siklus
Pertemuan
Materi
Waktu
1.
Rabu
5 September 2012
1
1

2 Jam
2.
Kamis
6 September 2012
2

2 Jam
3.

          Selasa
11 September 2012
3

2 Jam
4.
Rabu
12 September 2012
2
4

2 Jam
5.
Kamis
13 September 2012
5

2 Jam
6
          Selasa
18 September 2012
6

2 Jam

B.Subjek Penelitian
            Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A,yang terdiri dari  laki-laki 13 orang ,perempuan 17 orang jumlah keseluruhan 30 siswa,dipilih kelas ini subjek penelitian karena dapat mewakili  kelas yang lain dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar Matematika
C.Sumber Data
            Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah :
1.Aktivitas belajar siswa yang meliputi :
            a.Interaksi antara siswa dengan siswa
            b.Interaksi antara siswa dengan guru
            c.Kerjasama antar siswa
            d.Prestasi siswa
            e. pemahaman  dan tugas siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Hulu Sungkai
2.Hasil belajar siswa
            Hasil belajar siswa ini diperoleh dari hasil tes secara individu terhadap materi yang disampaikan.
3.Hasil kerja kelompok siswa
            Hasil kerja kelompok siswa diperoleh dari hasil kerja setiap kelompok sesuai dengan materi yang dipelajari.


D.Teknik Pengumpulan Data
            Teknik pengumpulan data pada Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini adalah sebagai berikut :
1.      Observasi
Untuk mendapatkan data aktivitas belajar dengan menggunakan tabel sebagai berikut:
Tabel 2. Data Aktivitas Belajar Siswa
NO

Aktivitas
Skor
A
B
C
1.
Meningkatkan aktivitas belajar siswa



2.
Interaksi antara siswa dengan siswa



3
Interaksi antara siswa dengan guru



4
Kerjasama antar siswa



5
Prestasi siswa



6
pemenuhan tugas siswa



Jumlah




Ket :    A = Amat Baik
            B = Baik                                              Hulu Sungkai,  September 2012
            C = Cukup                                          Observer



                                                                        Jaja Sutrisna.S.Pd                                                                                                       NIP. 196911011994041001


















2.      Test
Test dilaksanakan pada akhir pertemuan dalam bentuk essay dan hasil tes dapat dilihat pada tabel sebagai berikut:
Tabel.3 Nilai Test siswa
    NO
            Nama
        Nilai
      KKM
   Keterangan
1
ANNIAH



2
BAMBANG MARYOKO



3
DANIL JULISAR



4
DEGGI JUNIANSYAH



5
DWI SAPITRI



6
DIKI IRHAMSYAH



7
DWI LESTARI



8
EKA YULIANA



9
EMILINDA KONTESA



10
FATUR RISKI



11
FIRDA MARGARETA



12
ILUH PUTU EVITA RANI



13
IQBAL SANDI



14
JANARIAH



15
JUWITA MARYANI



16
LILIS PRANITA



17
MERIZA



18
MUHAMAD RIDHO ALHARIS



19
PUTRI APRILIYANTI



20
RENDI ERLANDA



21
RUDI MULYADI



22
SABANI SUHUT



23
SARINAH



24
SERLY APRILIA



25
SHINTA MARYANI



26
SONY PARLINDUNGAN



27
SUWANDI



28
TOBI ABDUL ROSID



29
TRI INDAH AGUSTINA



30
TRIA  NINGSIH




JUMLAH



                                                                                   
                                                                                   Guru Mata Pelajaran



                                                                                    Ambon Ariana,S.Ag                                                                                                   NIP.197708302006042014




3.      Penilaian Portofolio ( Kerja kelompok )
Untuk menihat hasil kerja kelompok siswa dapat dilihat pada tabel sebagai berikut
Tabel .4 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok )
NO

Aktivitas
Skor
A
B
C
1.
Ketepatan waktu



2.
Keberanian



3.
Kemampuan



4.
Tanggung jawab



Jumlah




Ket :    A = Amat Baik
            B = Baik                                              Hulu Sungkai, September 2012
            C = Cukup                                          Observer



                                                                        Jaja Sutrisna.S.Pd                                                                                                       NIP. 196911011994041001    

                                                                       





















             
                                    DAFTAR PUSTAKA

Al Barry, M Dahlan.2004.” KAMUS ILMIAH POPULER “ Arloka : Surabaya.

Arikunto,Suharsimi.dkk.2010 “ PENELITIAN TINDAKAN KELAS “.PT.Bumi Aksara : Jakarta.

Budiman,Dasim.Dkk.2009.”PAKEM Pembelajaran Aktif,Kreatif,Efektif,dan Menyenangkan”.PT.Ganesindo : Bandung.

Nasution.2009.”BERBAGAI PENDEKATAN dalam PROSES BELAJAR & MENGAJAR”.PT.Bumi Aksara : Jakarta.

Permen No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar