Kamis, 29 November 2012

Proposal PTK Asni,S.Pd,,SMP N 3 KotABUMI


PROPOSAL
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN CD INTERAKTIF SISWA KELAS VIII
SMP  NEGERI 3 KOTABUMI
TAHUN 2012








Disusun oleh :

ASNI









DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 3 KOTABUMI
2012

Kata Pengantar


Alhamdulillah, berkat rahmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas ini dengan baik.
Kegiatan penelitian ini penulis lakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keprofesionalan guru dalam mengelola kelas. Melalui penelitian ini juga diharapkan guru mendapatkan suatu nilai tambah dalam meningkatkan kemampuan intelektualitas, serta akan mendukung terbentuknya jajaran guru yang berwawasan dan berintegritas terhadap profesinya sendiri.
Kegiatan ini akan melibatkan berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak. Atas bantuan tersebut penulis haturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Semoga bantuan dan dukungan yang Bapak/Ibu berikan, mendapat imbalan yang setimpal dari-Nya.
Penulis telah berusaha semaksimal mungkin dalam menyusun proposal ini, namun karena kenisbian penulis sangat tidak tertutup akan adanya kekurangan dalam teknis dan skema serta logika penuangan ide pada penulisan ini. Untuk ini penulis dengan segala kerendahan hati mohon kritik, saran dan tegur sapa.

                                                                       
                                                            Kotabumi, 19 November 2012
                                                            Penulis

DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul
Halaman pengesahan
Kata Pengantar
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN                                                                             1
            A. Latar Belakang Masalah                                                                1
            B. Identifikasi Masalah                                                                       2
            C. Rumusan Masalah                                                                          3
            D. Tujuan Penelitian                                                                           3
            E. Manfaat Penelitian                                                                         4
BAB II KAJIAN PUSTAKA                                                                                    5
            A. Pembelajaran Matematika                                                              5
            B. Hasil Belajar                                                                                   5
            C. CD Interaktif                                                                                 6
BAB III METODELOGI PENELITIAN                                                     9
            A. Setting                                                                                            9
            B. Subyek Penelitian                                                                           11
            C. Sumber Data                                                                                  11
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                                                                                       


 

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang di berikan disetiap jenjang pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. Demikian juga di SMP Negeri 3 Kotabumi pelajaran matematika di berikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu KTSP. Di kelas VIII F siswa-siswa  mengikuti pelajaran matematika sesuai jadwal pelajaran.
Menurut catatan, Dengan KKM 70 hasil ulangan harian siswa kelas VIII F yang berjumlah 34 siswa pada semester ganjil tahun  2012 di SMP Negeri 3 Kotabumi menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajar atau mencapai KKM  hanya 11 siswa dan yang tidak tuntas ada 23 siswa  dengan kata lain siswa yang tuntas belajar hanya 32,35% dan yang tidak tuntas belajar 67,65% .  Dari data tersebut penulis ingin memperbaiki pembelajaran matematika siswa agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan
Solusi yang digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII F di SMP  Negeri 3 kotabumi adalah dengan menggunakan  media pembelajaran CD Interaktif,
 CD Interaktif dalam pembelajaran berfungsi  untuk menyampaikan suatu informasi yang diinginkan dalam beberapa aplikasi menarik. CD Interaktif memiliki kelebihan-kelebihan pertama  penggunanya bisa berinteraksi dengan komputer karena dalam CD Interaktif terdapat menu-menu khusus yang dapat diklik oleh penggunanya untuk memunculkan informasi berupa audio, visual maupun fitur lain yang diinginkan oleh pengguna. Kemudian yang kedua adalah menambah pengetahuan karena  materi pembelajaran dirancang kemudahannya dalam CD Interaktif  bagi pengguna. Kelebihan ketiga adalah tampilan audio visual yang menarik jika dibandingkan dengan media konvensional seperti buku atau media dua dimensi lainnya. Kemenarikan di sini utamanya karena sistem interaksi yang tidak dimiliki oleh media cetak (buku) maupun media elektronik lain (film TV, audio).
Peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan CD Interaktif  di harapkan dapat meningkatkan kemampuan mencatat siswa, interaksi antar siswa, interaksi antara siswa dan guru, ketelitian,  menyimpulkan dan hasil belajar matematika siswa.
Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan kerapihan, kesesuaian dengan tugas, kebenaran jawaban dan tanggung jawab siswa dalam kerja kelompok.

B.Identifikasi Masalah
 Dari uraian latar belakang masalah di atas, maka dapat di identifikasi masalahnya sebagai berikut :
1.      Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mencatat?
2.      Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan interaksi antara siswa?
3.      Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru?
4.      Apakah dengan CD interaktif dapat meningkatkan ketelitian siswa?
5.      Apakah dengan CD interaktif dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimpulkan?
6.      Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa?
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan  identifikasi masalah  di atas di dapat rumuskan masalah sebagai berikut  Apakah menggunakan CD Interaktif  dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 kotabumi semester ganjil tahun 2012? 

D. Tujuan Penilitian
Dengan menggunakan CD Interaktif siswa di harapkan dapat:
1. Meningkatkan kemampuan mencatat siswa kelas VIII F SMP Negeri 3
     kotabumi tahun 2012
2. Meningkatkan interaksi antar siswa kelas VIII F SMP 3 Negeri 3 kotabumi
    tahun   2012
3. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru kelas VIII F SMP Negeri 3  
     kotabumi tahun 2012
4. Meningkatkan ketelitian siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 kotabumi tahun 2012
5. Meningkatkan kemampuan menyimpulkan siswa kelas VIII F SMP Negeri 3  
    kotabumi tahun 2012
6. Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 3
    kotabumi tahun 2012
E. Manfaat Penilitian
1. Manfaat Bagi Siswa
Melatih siswa  agar dapat memanfaatkan informasi dengan baik dan cepat seiring dengan  perkembangan IPTEK yang sangat pesat.
2. Manfaat Bagi Guru
Dapat meningkatkan kinerja guru, dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK.
3. Manfaat Bagi Sekolah
Dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kwalitas sekolah.






BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A. Pembelajaran Matematika
Pembelajaran Matematika adalah Pembelajaran tentang gagasan / konsep serta hubungan yang ada di antara gagasan atau konsep tersebut.
B. Hasil Belajar
Setiap saat manusia selalu mengalami proses pembelajaran. Dalam proses belajar diharapkan akan diperolah hasil belajar yang berupa perubahan tingkah laku baik dalam kognitif, afektif maupun psikomotor. Dalam penilitian  Suroso(2001) ditulisakan bahwa seseorang dikatakan melakukan kegiatan belajar, setelah ia memperoleh hasil yaitu terjadinya perubahan. Misalnya; dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti.
Perubahan yang terjadi setelah  melaksanakan proses belajar merupakan hasil dari proses belajar itu sendiri. Menurut Waluyo (2007:2.16) Hasil belajar adalah hasil prestasi yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan proses belajar mengajar. Sedangkan Sudiyarto dalam Waluyo (2007:2.14) menyebutkan bahwa hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai oleh  peserta didik  dalam mengikuti program belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan.
Hasil belajar itu sendiri adalah proses akhir dari belajar yang digambarkan dengan nilai berupa angka atau simbol. Hal ini sesuai dengan Good dalam Sukardi (2008:214) ”Grade adalah simbol (angka, huruf, atau kata) yang menggambarkan nilai pertimbangan yang berkaitan dengan kualitas peserta didik dalam berprestasi selama periode pelajaran”. Sehubungan dengan pendapat ini, pendidikan akhirnya bertujuan untuk membimbing peserta didik kearah kebebasan dan kemerdekaan, mengetahui yang baik dan yang buruk, dapat melakukan pilihan apa yang dilakukannya dengan penuh tanggung jawab sebagai hasil belajar, dan menentukan hasil belajar dengan bentuk huruf atau angka.
Hasil belajar  dalam penelitian yang dimaksudkan adalah skor yang diperoleh oleh peserta didik pada mata pelajaran matematika dalam bentuk angka yang diberikan oleh guru setelah melaksanakan tugas yang diberikan.
C. CD INTEERAKTIF
Dalam pembelajaran matematika di perlukan wahana penyalur pesan atau informasi belajar, karena dalam pembelajaran dapat terjadi salah komunikasi hal ini bisa di sebabkan karena guru kurang mampu dalam menyampaikan informasi. Untuk menghindari kemungkinan terjadinya salah komunikasi, maka diperlukan Media Pembelajaran yang menurut Darhim (1993) berfungsi
·         Menghindari kesalahan komunikasi
·         Meningkatan hasil proses belajar mengajar
·         Membangkitkan minat belajar
·         Menyajikan konsep matematika yang abstrak kedalam bentuk kongkrit
·         Membantu daya ingat/ daya titik siswa
·         Melihat hubungan antara konsep matematika dengan alam sekitarnya.
Juga menurut Blacked an Horalse (1993) dikatakan bahwa media adalah saluran komunikasi atau perantara yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan pesan dimana perantara ini meerupakan jalan atau alat lalu lintas suatu pesan antara komunikator dan komunikan.
Media pembelajaran saat ini sudah semakin beragam, mulai dari media konvensional seperti buku dan alat peraga tradisional sampai dengan media modern audio visual berupa kaset tape, VCD (Video Compact Disk), maupun alat paraga modern lainnya. Dengan beragam media tersebut, maka suatu sistem pembelajaran yang dapat menghadirkan suasana menyenangkan mutlak diperlukan. Oleh karena itu tidak salah jika CD Interaktif merupakan salah satu alternatif media yang dapat menjawab kebutuhan tersebut.
CD Interaktif merupakan sebuah media yang menegaskan sebuah format multimedia dapat dikemas dalam sebuah CD (Compact Disk) dengan tujuan aplikasi interaktif di dalamnya. CD ROM (Read Only Memory) merupakan satu-satunya dari beberapa kemungkinan yang dapat menyatukan suara, video, teks, dan program dalam CD (Tim Medikomp, 1994).
Menurut praktisi media Augus Savara dalam program e-Lifestyle Metro TV, Sabtu 9 Agustus 2003, kelebihan CD Interaktif antara lain:
  • Penggunanya bisa berinteraksi dengan program komputer
  • Menambah pengetahuan. Pengetahuan yang dimaksud adalah materi pelajaran yang    disajikan CD Interaktif
  •  Tampilan audio visual yang menarik
Di katakana juga oleh Suyanto (2003 : 18) keunggulan CD Interaktif dapat membantu mempertajam pesan yang disampaikan dengan kelebihannya menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan (Suyanto, 2003: 18).


















BAB III
METODELOGI  PENELITIAN

A. Setting
1. Tempat
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kotabumi  yang beralamat di jalan wredatama no 56 b  tanjung aman kotabumi selatan
2. Waktu
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2012 tepatnya dari bulan September 2012 sampai dengan November 2012. Adapun rincian alokasi waktu di sajikan dalam tabel berikut ini :
TABEL 1
ALOKASI WAKTU PENELITIAN
No
Uraian Kegiatan
Sep
Okt
Nov
1.
Menyusun Proposal PTK


2.
Menyusun Instrumen Penelitian


3.
Pengumpulan data dengan melakukan tindakan :
a.Siklus 1
b.Siklus 2








4.
Analisis Data


5.
Pembahasan / Diskusi


6.
Menyusun laporan Hasil Penelitian








3. Observer
Observer dalam penelitian ini adalah 2 orang guru yaitu ibu Gusdina safitri. S.Pd (guru Matematika) dan Ibu Hanani,S.Pd (guru IPA), di pilih keduanya karena bersedia menjadi observer. Tugas Observer adalah mengamati prilaku siswa dan sikap selama proses pembelajaran berlangsung.
4. Rancangan
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan maing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan, yaitu : perencanaan kegiatan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi tindakan. Pada akhir setiap siklus siswa diberi tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.
Siklus 1
a.    Perencanaan Tindakan
Ø  Menyusun rencana pembelajaran serta skenario pembelajaran
Ø  Menyusun instrumen penelitian
Ø  Menyusun jadwal observasi
Ø  Menyusun alat tes hasil belajar
Ø  Menyusun jadwal refleksi dan cara-cara melakukan refleksi
b.    Pelaksanaan Tindakan
Ø  Melaksanakan rencana pembelajaran
Ø  Guru memberikan tes hasil  belajar  kepada peserta didik  secara individu
Ø  Melaksanakan semua rencana tindakan seperti yang ditentukan pada perencanaan
c.       Observasi Tindakan
      Pengamatan pada penelitian ini dilakukan oleh observer, yang dilakukan pada         
      saat proses pembelajaran sedang berlangsung, dengan menggunakan lembar  
      observasi dan catatan lapangan yang telah disiapkan. Pengamatan yang
      dimaksud dalam penelitian tindakan ini bukan hanya mengamati aktivitas
      peserta didik tetapi juga mengamati apa yang dilakukan oleh guru, dan hal-hal
      yang terjadi pada saat proses pembelajaran. Pada tahap ini dilakukan
      pengamatan/observasi untuk mendokumentasikan  segala sesuatu yang
      berkaitan dengan pelaksanaan tindakan.
d.   Refleksi Tindakan
Refleksi adalah kegiatan menganalisis, memahami, membuat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan. Refleksi dilakukan dengan menganalisis hasil tes, catatan lapangan, dan lembar observasi, yang digunakan sebagai dasar untuk perbaikan siklus berikutnya
Siklus 2
Semua rencana tindakan khususnya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada sklus 1 dilaksanakan pada siklus 2. Hal-hal yang perlu di pertahankan yang ada pada siklus 1 dilaksanakan pada skilus 2.

B. Subyek Penelitian
Subyek Penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 3 Kotabumi tahun   2012. Di pilihnya kelas sebagai subyek karena peniliti mengajar di kelas tersebut.
C. Sumber Data
1. Proses Belajar Siswa
Dalam penelitian ini yang di maksud dengan proses belajar siswa adalah kemampuan siswa untuk mencatat, interaksi antar siswa, interaksi antara siswa dan guru, ketelitian siswa, kemampuan siswa menyimpulkan.
2. Hasil Kerja Kelompok
Dalam penelitian ini yang di maksud hasil kerja kelompok adalah kerapihan, kesesuian dengan tugas, kebenaran jawaban, tanggung jawab.
3. Hasil Belajar
hasil belajar siswa yang di maksud dalam penelitian ini adalah nilai diperoleh dari hasil tes setiap siklus pembelajaran.
D. Teknik Pengumpulan Data
1. Pengamatan
Pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung oleh observer berdasarkan instrumen  berikut:
Tabel 2. Format pengamatan proses belajar
                                                                                                                       
                                                                                            
 
DAFTAR PUSTAKA
                                           
Supriyadi dkk, Volume 4 No 1 2001, Buletin Pelangi Pendidikan, Penerbit Proyek
Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP, Jakarta, 52 halaman

Supriyadi dkk, Volume 4 No 2 2001, Buletin Pelangi Pendidikan, Penerbit Proyek
            Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP, Jakarta, 60 halaman

Wiriaatmadja, Rochiati, 2008, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit PT
Remaja Rosdakarya, Jakarta, 258 halaman.

Adlan, Aidin & Rinderiana, Bimbingan Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
Penerbit Dita Kurnia, Kudus, 92 halaman

Signomic.wordpress.com/2010/05/09/manfaat-fungsi-cd-interaktif

Pengertian-interaktif-blogspot.com/

Cdbahanajar.wordpress.com/.../pengertian-cd-interaktif

www.techforedu.org/2011/09/pemanfaatan-media-cd-interaktif-html


















2. Penilaian kelompok
Penilaian kelompok berdasarkan instrumen beikut:
Tabel 3. Format penilaian dokumen hasil kerja kelompok
No
Kriteria
score
a
b
c
1.
Kerapihan



2.
Kesesuaian dengan tugas



3.
Kebenaran Jawaban



4.
Tanggung Jawab



Jumlah



Ket :  a = Amat baik
          b = Baik
          c = Cukup

3. Tes
Tabel 4. Data nilai hasil Tes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar