Kamis, 29 November 2012

Proposal PTK SOBAR,S.Pd SMP N 1 Abung surakarta


(Proposal PTK )

MENINGKATKAN PRETASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN   KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VII C SMPN 1 ABUNG SURAKARTA 2012



Oleh :
S O B A R.S,Pd
Nip 196511251988031004





DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA
SMPN 1 ABUNG SURAKARTA
TAHUN 2012


 
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
            Sejak tahun 2007 SMPN 1 Abung Surakarta sudah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang dibuat oleh warga sekolah. Di dalam struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) termuat mata pelajaran Matematika dengan jumlah jam peminggunya 6 jam pelajaran,@ =40 menit. Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan salah satu tujuan mata pelajaran Matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan memahami konsep Matematika,menjelaskan keterkaitan antar konsep,dan mengaplikasikan konsep,atau algoritma secara luwes,akurat,efisien,dan tepat dalam pemecahan masalah.
            Dalam melaksanakan tugasnya sebenarnya guru di SMPN 1 Abung Surakarta sudah menunjukkan kinerja yang maksimal sebagaimana fungsinya sebagai pendidik,pengajar,dan melatih siswa. Hal ini dapat ditujukkan pada saat mengajar guru sudah menggunakan metode yang bervareasi,menggunakan media,atau alat praga yang sesuai dengan materi yang disampaikan,dengan harapan  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya terhadap pelajaran Matematika. Akan tetapi Matematika bukan pelaran yang mudah untuk dipahami atau dipelajari. Pernyataan ini dapat dilihat dari hasil ungan harian maupun ulangan umum semester 70 % siswa masih mendapat nilai di bawah KKM yang telah ditentukan.
            Untuk meningkatkan prestasi belajar seperti yang diharapkan,tentunya seorang guru dituntut agar dalam melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model-model pembelaran dimana siswa terlibat secara akatif,sehingga terjadi interaksi antara siswa dengan siswa,siswa dengan guru,dengan katalain pembelajarannya tidak dikuasai oleh guru.Diantara model-model pembelajaran,salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari uraian di atas penulis merasa tertarik untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas . Pada Penelitian Tindakan Kelas ini yang akan penulis jadikan obyek adalah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII C SMPN 1 Abung Surakarta 2012.
B. Identifikasi Masalah
            Berdasarkan dari uraian latarbelakang di atas,maka penulis dapat mengidentifikasi masalah sebagaiberikut :
1. Apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan interaksi antara siswa dengan siswa dalam belajar Matematika siswa kelas VII C SMPN 1 Abung Surakarta2012?
2. Apakah Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru dalam belajar Matematika siswa kelas VII C SMPN 1 Abung Surakarta 2012?
3. Apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar Matematika sisiwa kelas VII C SMPN 1 Abung Surakarta 2012?
4. Apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII C SMPN 1 Abung Surakarta2012?



C. Rumusan Masalah.
            Berdasarkan identifikasi masalah di atas,penulis dapat merumuskan masalah sebagaiberikut : Apakah pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII C SMPN 1 Abung Surakarta 2012?
D.Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
  a.Meningkatkan interaksi antara siswa dengan siswa dalam belajar Matematika
  b.Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru dalam belajar Matematika
  c.Meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam belajar Matematika
  d.Meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa
2. Manfaat Penelitian
  a.Diharapkan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini bermanfaat bagi sekolah dalam usaha meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa melalui kolaborasi guru-guru dalam satuan Penelitian Tindakan Kelas.
 b.Diharapkan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini bermanfaat bagi guru dalam inovasi pembelajaran,dan peningkatan profesionalisme guru.


 
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
A. Pembelajaran Matematika
            Skinner berpendapat bahwa belajar adalah suatu prilaku. Pada saat orang belajar maka responnya menjadi baik,dan sebaliknya bila tidak belajar responnya menjadi menurun. Sedang menurut Gigne belajar adalah proses kognitif yang mmengubah sifat stimulasi lingkungan,melawati pengolahan informasi,menjadi kapasitas baru. ( Dimyati,2002:10 ). Menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan berusaha supaya mendapat kepandaian ( Purwadarminta :109 ).
            Dari pendapat di atas dapat disimpulkan belajar adalah usaha yang dilakukan oleh guru terhadap siswa ,agar siswa dapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanyayang dalam hal ini pelajaran Matematika.
B.Penilaian Pembelajaran Matematika
            Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh ,menganalisis,dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan,sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian dalam KTSP adalah berbasis kompetensi,yaitu bagian dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk mengetahui pencapaian kompetensi siswa yang meliputi pengahuan,ketrampilan,dan sikap.

            Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam penilaian hasil belajar siswa,antara laian :
1. Penilain ditujukkan untuk mengukur pencapaian kompetensi
2.Penilaian dilakukan secara menyeluruh dan berkelajutan
3. Hasdil penilaian ditindak lanjuti dengan program remedial bagi siswa yang belum mencapai        KKM yang ditentukan
4.   Penilaian harus sesuai dengan kegiatan pembelajaran
C. Penilaian Kerja Kelompok
            Untuk melukan penilaian terhadap kerja kelompok seorang guru harus menggunakan dua kriteria penilaianl,yaitu penilaian pengamatan kerja kelompok dan penilaian hasil kerja kelompok. Untuk mendapatkan data yang obyektif terhadap penilaian  pengamatan kerja kelompok seorang guru harus dibantu oleh satu atau dua orang observer,karena yang diamati aktivitas siswa dalam kelompok. Adapun aktivitas siswa yang diamati diantaranya;interksi antara siswa dengan siswa, interaksi antara siswa dengan guru,pemahaman tugas,dan keberanian bertanya. Sedangkan penilaian hasilkerja kelompok ,beberapa aspek yang dinilai antaralain;kerapian,kebenaran jawaban,kerja sama,dan tanggung jawab.



D. Pembelajaran Kooperatif
            Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang sistematis dengan mengelompokkan siswa yang bertujuan untuk melakukan pendekatan pembelajaran yang efektif agar dapat memaksimalkan kegiatan belajarnya. Menurut ( Anita Lie,1999 ) beberapa manfaat proses pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut :
1). Siswa dapat meningkatkan kerja sama.2)Siswa lebih banyak mempunyai kesempatan untuk menghargai pebedaan. 3) Partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.4) Mengurangi kecemasan siswa, 5) Meningkatkan motivasi,harga diri dan sikap positif. 6) Meningkatkan prestasi akademik.
            Beberapa tipe dalam model pembelajaran kooperatif yang telah dikembangkan adalah STAD ( Student Teams Achievment  Divisions ). Tipe STAD dikembangkan oleh Robert Slavin dan temannya di Universitas John Hopkin. STAD merupakan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana . Dalam pelaksanaannya siswa dikelompokkan 4-5 orang dalam setiap kelompoknya. Setiap kelompok harus heterogan  terdiri dari laki-laki dan perempuan,berasal dari berbagai suku,meiliki kemempuan tinggi,sedang,dan rendah. Setiap anggota kelompok saling membantu satu sama lain untuk memehami materi pelajaran. Selanjutnya secara individual setiap minggu atau dua minggu sisw diberi kuis atau postes. Hasil kuis diberi skor dan dibandingkan dengan dengan skor dasar untuk menentukan skor peningkatan individu dan skor kelompok.


            Ada lima komponen utama dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu :
1 ) Presetasi kelas. 2) Kerja kelompok. 3) Kuis. 4) Peningkatan nilai individu. 5) Penghargaan kelompok. 

 

BAB III. METODOLOGI PENELITIAN

A. Setting
1.Tempat dan waktu penelitian
            Penelitian ini dilaksakan di SMPN 1 Abung Surakarta,Tatakarya,kecamatan Abung Surakarta,kabupaten Lampung Utara. Adapun waktu penelitian adalah 3 bulan ,dimulai bulan September2012 sampai dengan bulan Oktober 2012.
2. Observer pada penelitian ini adalah dua orang guru,yaitu : Yulliani,S.Pd,dan Trapsilo,S.Pd dengan alas an keduanya bersedia untuk membatu dalam pelaksanaan penelitian.Dengan dibantu oleh dua orang observer akan mempermudah didalam melakukan pengamatan ,sehingga akan diperoleh data yang lebih obyektiv.
3.Rancangan penelitia.
            Penelitiani ini akan dilaksakan 2 siklus,yaitu :
a.Siklus pertama terdiri dari pertemuan 1,pertemuan 2,dan pertemuan 3.Masing-masing pertemuan terdiri dari 4 tahapan,rancangan,tindakan,observasi,dan refleksi.
b. Siklus kedua terdiri dari pertemuan 4,pertemuan 5,dan pertemuan 6.Masing-masing pertemuan juga terdiri dari 4 tahapan seperti di atas.
            Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tebel berikut ini:
Tabel 1.Jadwal Penelitian Tindakan Kelas
No
Hari/Tgl
Siklus
Pertemuan
Materi
Alokasi waktu
1

1
1


2

2


3

3


4

2
4


5

5


6

6



           


B. Subyek penelitian
            Pada penelitian ini penulis mengambil subyek siswa kelas VII C SMPN 1 Abung Surakarta.Jumlah siswa kelas VII C adalah 31 orang, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 26 siwa perempuan.Alasan penulis mengadakan penelitian di kelas VII C adalah kerena terdiri dari siswa-siswa yang heterogen ,disisi lain kerena penulis mengajar di kelas tersebut.Jadi selama penulis mengadakan penelitian tidak ada pihak lain yang dirugikan

C.Sumber Data
            Sumber data pada penelitian  adalah sebagai berikut :
1.Aktivitas belajar siswa yang meliputi:
    a. Interaksi antara siswa dengan siswa
    b.Interaksi antara siswa dengan guru
    c.Kerja sama kelompok
    d.Pemenuhan tugas siswa
2.Hasil belajar siswa
            Prestasi belajar siswa diporeleh dari hasil tes secara individual terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan.Tes individual pelaksanaannya setelah masing-masing siklus selesai dilaksanakan.
3.Hasil kerja kelompok
            Hasil kerja kelompok diperoleh dari hasil setiap kegiatan siswa dalam kelompokterhadap materi yang dipelajarinya.


D.Tekni pengumpulan data.
            Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian adalah sebagai berikut :
1.Data Observasi
            Untuk mendapatkan data aktivitas belajar penulis menggunakan tabel sebagai berikut :

Tabel.2. Data Aktivitas Belajar Siswa

No
Aktivitas Belajar siswa
Skor
A
B
C
1
Interaksi siswa dengan siswa



2
Interaksi siswa dengan guru



3
Keberanian bertanya



4
Pemahaman tugas




Keterangan:
                    A = Amat baik
                    B = Baik
                    C = Cukup
           

                
                                   
                                                                                                      Tatakarya,       September 2012
                                                                                                        Observer

                                                                                  

  3. Prestasi belajar siswa                                      
            Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dapat digunakan tabel sebagai berikaut :

Tabel.3.Tabel prestasi belajar siswa

No
Nama Siswa
Nilai
KKM
Keterangan
1




2




3




4




Dst




Jumlah






                                                                                          Tatakarya,   September 2012
                                                                                          Guru Mata Pelajaran










4.Penilaian Kerja Kelompok
            Untuk mengetahui hasil kerja kelompok dapat dilihat dengan menggunakan tabel sebagai berikut :

Tabel.4. Penilaian Kerja Kelompok
Nama Kelompok :
No
Aspek yang dinilai
Skor
A
B
C
1
Kerapian



2
Kebenaran jawaban



3
Kerja sama



4
Tanggung jawab



                        Jumlah




Keterangan:
                     A = Amat baik                         C = Cukup
                     B = Baik                  


                                                                                          Tatakarya,   September 2012
                                                                                           Observer





 
DAFTAR PUSTAKA
As’ari,Abdurrahman.2000.Pembelajaran Matematika yang Demokratis.(makalah).FMIPA       UM,Malang
Depdiknas.2002.Ringkasan Penilaian Berbasis Kelas.Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas
Ibrahim,Muslimin;Fida Rachmadiarti;Mohamad Nur;Ismono.2000.Pembelajaran Kooperatif.PSMS,Program pasca Sarjana.Surabaya:UNESA-Universty Press.
Ibrahim, Muslimin;Fida Rachmadiarti;Mohamad Nur,Ismono.2000
Pembelajaran Kooperatif.PSMS,Program Pasca Sarjana.Surabaya:UNESA-University Press



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                        Nama Sekolah                : SMPN 1 Abung Surakarta
                        Mata Pelajaran               : Matematika
         Kelas/Semester              : VII/1
Standar Kompetensi  : Memehami bentuk aljabar,persamaan dan pertidaksamaan linier
                                         Satu vareabel
Kompetensi Dasar      : Melakukan operasi pada bentuk aljabar
Indikator                      : 1. Menyelesaikan opersi penjumlahan pada bentuk aljabar         
                       2. Menyelesaikan operasi pengurangan pada bentuk aljabar
Waktu                          : 2 jam pelajaran

A. Tujuan pembelajaran
     1. Siswa dapat menyelesaikan operasi penjumlahan bentuk aljabar
     2. Siswa dapat menyelesaikan operasi pengurangan bentuk aljabar
B. Materi Pembelajaran
    Operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
    Penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar pada dasarnya adalah mengumpulkan suku-suku yang sejenis
Contoh :
1. a. 8a + 5a = ( 8 + 5 )a                      b. 10p + 5 – 4p = 10p -4p +5
                        = 13a                                                          = ( 10 – 4 )p + 5  
                                                                                     = 6p + 5                                 
      
2.Tentukan hasil  penjumlahan 2p + 5  dan 3p + 7    3. Kurangkan 2a +3  dari 5a + 8
 Jawab: 2p + 5 dan 3p + 7 =   2p + 5 + ( 3p + 7 )           Jawab :  5a + 8 – ( 2a + 3 )
                                          = 2p + 5 + 3p + 7                             5a + 8 – 2a - 3
                                          = 2p + 3p + 5 + 7                             5a – 2a +8 -3
                                          = ( 2 + 3 )p + 12                               ( 5 – 2 )a + 5
                                          = 5p + 12                                          3a + 5
C. Metode Pembelajaran                                           
     Kooperatif tipe STAD
D.Alat dan Sumber Belajar
    Sumber :
                     Buku paket Matematika kelas VII,dan refrensi lain
    Alat    :
                Laptop            
E. Langkaih-langkah Kegiatan
    Pendahuluan : - Menyampaikan salam
                                - Menyampaikan tujuan pembelajaran
                                - Apersepsi : Mengingat kembali operasi hitung bilangan bulat
                                - Motivasi   : Memberikan rangsangan berupa pertanyaan kepada siswa
                                                       Tentang operasi hitung bilangan bulat
     Kegiatan Inti
    1. Siswa dikondiskan dalam kelompok,masing-masing kelompok terdiri darian  4-5 orang
    2. Guru menjelaskan maksud  pembelajaran dan tugas kelompok
    3. Guru membagikan LKS pada masing-masing kelompok
    4. Masing-masing kelompok memperhatikan penjelasan guru dalam memberikan contoh
        menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
    5. Masing-masing kelompok berdiskausi menyelesaikan soal di LKS
    6. Setelah selesai diskusi masing-masing juru bicara kelompok mempersentasikan hasil
         diskusi kelompoknya
    7. Guru memberikan penjelasan singkat dan sekaligus memberikan kesimpulan
    8. Evaluasi
    Penutup
    1. Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman
    2. Sebagai tindak lanjut siswa diberi pekerjaan rumah (PR )
F.penilaian
1.Observasi kegiatan proses belajar
Adalah melakukan pengamatan terhadap keaktivan siswa dalam proses belajar,dengan menggunakan format observasi
2. Tes Formatif
Bentuk instrumen : Uraian singkat
1. Tentukan hasil jumlah dari :
      2a + 7 dan 3a + 3
2. Kurangkanlah :
     3a + 5 dari 5a +8
TK Ranah
Kunci Jwaban
Skor
C2
2a +7 dan 3a +3 = 2a +7 + ( 3a + 3 )
                             = 2a + 7 + 3a + 3
                             = 2a + 3a +7 + 3
                             = 5a + 10
2
C2
3a + 5 dari 5a + 8 = 5a + 8 – (3a + 5 )
                                = 5a + 8  - 3a -5
                                = 5a -3a +8 -5
                                = 2a + 3
2

 

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Nama Kelompok   :
Nama Siswa            :
                                    1. …………………
                                    2. …………………
                                    3. …………………
                                    4. ………………..
                                    5. ………………..

1. Lengkapilah !
    a. 8k + 7k = ( … + … )k
    b. 10p – 7p = ( … - … )p
    c.  ay – by = ( … - … )y

2. Tentukan hasil jumlah dari   4a + 1 dan 3a + 4

3. Kurangkanlah   5p + 2 dari 8p +12
                                   
  Mengetahui                                                               Tatakarya, November 2012
  Kep.SMPN 1 Abung Surakarta                                Penulis PTK



Tidak ada komentar:

Posting Komentar