ARTIKEL
JURNAL 2
NURSALAM,S.Pd
MENINGKATKAN
PRETASI BELAJAR BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALAUI PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE
STAD SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 9 KOTABUMI SEMESTER GANJIL TAHUN 2012
Sejak tahun 2007 SMP sudah menggunakan KTSP yang
dibuat oleh seluruh warga sekolah.Dalam KTSP Termuat mata pelajaran Matematika
dengan jumlah 6 jam pelajaran setiap minggu.Adapun yang mempengaruhi aktivitas
belajar pada SMP Negeri 9 Kotabumi
diantaranya adalah berdiskusi siswa,keberanian untuk bertanya baik kepada teman
siswa sendiri atau kepada guru, keberanian untuk menjawab pertanyaan dari teman
siswa sendiri atau kepada guru,Keberanian menanggapi jawaban atau pertanyaan
,menyimpulkan,rasa tanggung jawab,dan prestasi siswa.Oleh karena itu peneliti
ingin mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran
koopertif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IX A di SMP negeri 9 Kotabumi
Penelitian Tindakan kelas ini,subyek penelitiannya
adalah siswa kelas IX A SMP negeri 9 Kotabumi.Dan sumber data yang digunakan
adalah aktivitas belajar siswa,hasil belajar siswa,dan hasil kerja kelompok
siswa.Dalam proses pengembalian data penulis menggunakan teknik
Obsevasi,penilaian potofolio (kelompok Kerja) dan test Kompetensi.
Berdasarkan hasil penelitian ,diperoleh bahwa
peningkatan hasil belajar Matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IX A di SMP Negeri
9 Kotabumi Tahun 2012 yaitu selalu memberikan peningkatan dari pertemuan
pertama sampai pertemuan kedelapan.Adapun data test siswa selalu memberikan peningkatan dari pertemuan pertama sampai
pertemuan kedelapan pada siswa kelas IX A dengan peningkatan sebagai berikut:
Hasil tes individual siswa pada akhir siklus pertama diperoleh skor tuntas
sebanyak 11 siswa dan Belum tuntas sebanyak 13 siswa.Hasil test Individual
siswa pada akhir siklus kedua diperoleh skor Tuntas sebanyak 21 siswa dan Belum
Tuntas sebanyak 3 siswa.Dan hasil nilai tes individual siswa pada akhir siklus
ketiga diperoleh skor Tuntas sebanyak 23 siswa dan Belum Tuntas sebanyak 1 Siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar