Senin, 17 Desember 2012

Artikel Jurnal Nursalam ,S.Pd


ARTIKEL JURNAL 2
NURSALAM,S.Pd

MENINGKATKAN PRETASI BELAJAR BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALAUI PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE STAD SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 9 KOTABUMI SEMESTER GANJIL TAHUN 2012

Sejak tahun 2007 SMP sudah menggunakan KTSP yang dibuat oleh seluruh warga sekolah.Dalam KTSP Termuat mata pelajaran Matematika dengan jumlah 6 jam pelajaran setiap minggu.Adapun yang mempengaruhi aktivitas belajar  pada SMP Negeri 9 Kotabumi diantaranya adalah berdiskusi siswa,keberanian untuk bertanya baik kepada teman siswa sendiri atau kepada guru, keberanian untuk menjawab pertanyaan dari teman siswa sendiri atau kepada guru,Keberanian menanggapi jawaban atau pertanyaan ,menyimpulkan,rasa tanggung jawab,dan prestasi siswa.Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran koopertif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar  matematika pada siswa  kelas IX A di SMP negeri 9 Kotabumi

Penelitian Tindakan kelas ini,subyek penelitiannya adalah siswa kelas IX A SMP negeri 9 Kotabumi.Dan sumber data yang digunakan adalah aktivitas belajar siswa,hasil belajar siswa,dan hasil kerja kelompok siswa.Dalam proses pengembalian data penulis menggunakan teknik Obsevasi,penilaian potofolio (kelompok Kerja) dan test Kompetensi.

Berdasarkan hasil penelitian ,diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar Matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IX A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 yaitu selalu memberikan peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedelapan.Adapun data test siswa  selalu memberikan  peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedelapan pada siswa kelas IX A dengan peningkatan sebagai berikut: Hasil tes individual siswa pada akhir siklus pertama diperoleh skor tuntas sebanyak 11 siswa dan Belum tuntas sebanyak 13 siswa.Hasil test Individual siswa pada akhir siklus kedua diperoleh skor Tuntas sebanyak 21 siswa dan Belum Tuntas sebanyak 3 siswa.Dan hasil nilai tes individual siswa pada akhir siklus ketiga diperoleh skor Tuntas sebanyak 23 siswa dan Belum Tuntas sebanyak  1 Siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar