Kamis, 29 November 2012

Proposal PTK Endriani Jayanti,S.Pd SMP N 10 Kotabumi


                                                                                   
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
                                                                                                                                                                                                                                                                       


                       

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TUTOR SEBAYA DI KELAS VII-B DI SMP NEGERI 10 KOTABUMI TAHUN 2012




DISUSUN OLEH :

   NAMA                      : Endriani Jayanti,S.pd
                              





SMPN 10 KOTABUMI
LAMPUNG UTARA
2012


LEMBAR PENGESAHAN
   UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TUTOR SEBAYA DI KELAS VII-B DI SMP NEGERI 10 KOTABUMI TAHUN 2012



                                                                       Oleh :
Nama                                                   :  ENDRIANI JAYANTI,S.Pd
NIP                                                      : 198707162009032002
Pangkat / Golongan                             : Penata Muda TK.I / III A
Unit Kerja                                            : SMPN 10 KOTABUMI



Mengetahui                                                                   KOTABUMI,   November 2012
Kepala SMP Negeri 10 Kotabumi                               Yang membuat PTK


MASAMAH.S.Pd                                                             ENDRIANI JAYANTI,S.Pd
NIP.                                                                            NIP. 198707162009032002


                                                                                   

ABSTRAK
   ENDRIANI JAYANTI,S.Pd 

Judul penelitian ini adalah : UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TUTOR SEBAYA DI KELAS VII-B DI SMP NEGERI 10 KOTABUMI TAHUN 2012.
Sejak tahun 2007 SMP sudah menggunakan KTSP yang dibuat oleh seluruh warga sekolah.Dalam KTSP itu termuat mata pelajaran Matematika dengan jumlah 6 jam mata pelajaran setiap minggu.Adapun yang mempengaruhi aktivitas belajar Matematika pada SMP diantaranya adalah meningkatnya aktivitas siswa,interaksi antar siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,pemenuhan tugas siswa.Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VII B di SMP Negeri 10 kotabumi Tahun 2012.
Penelitian Tindakan kelas ini,subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII B SMP Negeri.10 kotabumi Dan sumber data yang digunakan adalah aktivitas belajar siswa,hasil belajar siswa,dan hasil kerja kelompok siswa.Dalam proses pengembalian data penulis menggunakan teknik observasi,test,dan penilaian portofolio ( Kerja Kelompok ).
.









                                                KATA PENGANTAR

Puji serta syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena dengan rahmat,dan hidayah-Nya,sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal Penulisan Tindakan Kelas (PTK) ini tepat pada waktunya dengan judul . UPAYA PENINGKATAN  HASIL BELAJAR   MATEMATIKA
MENGGUNAKAN MODEL TUTOR SEBAYA DI KELAS VIIB DI SMP NEGERI 10 KOTABUMI  TAHUN 2012. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan proposal PTK ini masih banyak terdapat kekurangan,oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan isi PTK ini dikemudian hari.
Dan pada kesemapatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.Kepala Sekolah dan
seluruh dewan Guru SMP N 1O KOTABUMI Kabupaten                       
Lampung  Utara yang telah banyak membantu penulis dalam memperoleh data-data yang penulis butuhkan.
2.Orang Tuaku,keluargaku tersayang  yang turut memberikan dorongan serta     semangat dalam belajar  hingga penulis dapat menyelesaikan PTK ini tepat pada waktunya.
            Penulis berharap semoga proposal PTK ini dapat bermanfaat baik bagi penulis sendiri,maupun bagi para dewan guru lanjutan sebagai reperensi atau literatur dan dapat ditindak lanjuti dengan penelitian.
                                                                                    Kotabumi,   November 2012

                                                        ENDRIANI JAYANTI,S,Pd
                                                                                    NIP. 198707162009032002







                                                            DAFTAR ISI
Logo..................................................................................................................
Pengesahan..................................................................................................................ii
Absrak.........................................................................................................................iii
Kata Pengantar............................................................................................................iv
Daftar isi.......................................................................................................................v
Daftar Tabel................................................................................................................vi

BAB I                         : PENDAHULUAN
                                      A.Latar Belakang Masalah...................................................
                                      B.Identifikasi Masalah.........................................................
                                      C.Rumusan Masalah............................................................
                                      D.Tujuan Penelitian……………………………………….
                                      E Manfaat Penelitian...........................................................
BAB II                                    : KAJIAN PUSTAKA
                                      A.Pengertian Belajar……………………………………...........
                                      B.Pengertian Hasil Belajar Matematika......................................
                                      C.Pengertian Tutor Sebaya……………………………………….
                                      D.Operasi Bilangan Pecahan………........................................
BAB III                      : METODE PENELITIAN
                                      A.Setting                                        
                                          1. Tempat dan waktu……………………………………..
      2. Observer……………………………………………….
      3. Rancangan……………………………………………..
                                      B.Subyek Penelitian...............................................................
                                      C.Sumber Data
                                           1.Proses Belajar Siswa………………………………………    
                                           2.Hasil Kerja Kelompok……………………………………..
                                           3. Hasil Belajar………………………………………………
                                      D.Teknik Pengumpulan Data
                                          1. Pengamatan.........................................................................
                                          2. Penilaian Arsip……………………………………………
                                          3. Tes dan Post tes………………………………………….
                                        
DATAR PUSTAKA
LAMPIRAN



 
BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
          Tujuan pembelajaran matematika pada intinya adalah agar siswa mampu menggunakan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam belajar pengetahuan lain. Selanjutnya dengan belajar matematika diharapkan siswa mampu berpikir kritis, logis, sistematis dan memiliki sifat objektif,  jujur dan disiplin.Untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika yang bermakna yang membuat siswa mampu menerapkan pengetahuan matematika pada kehidupan sehari-hari, dilakukan pembelajaran matematika secara kontekstual atau realistik.Hadi S (2002 : 2) Konsep matematika  realistis sejalan  dengan kebutuhan untuk memperbaiki pendidikan maatematika di Indonesia yang didominasi oleh upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika dan mengenbangkan daya nalar 
Pelaksanaan pendidikan khususnya pendidikan formal sebaiknya memang dimulai dari penyediaan tenaga pendidik yakni guru. Sebagai tenaga professional, idealnya seorang guru mampu menguasai kurikulum, menguasai materi, dan tidak kalah pentingnya guru juga harus mampu mengelola kelas.  Kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan penyelenggaraan pembelajaran berlangsung secara aktif, inovatif, dan menyenangkan sehingga berimplikasi kepada  hasil belajar yang memuaskan.
Kaitannya dengan mata pelajaran matematika di kelas VII SMPN 10 Kotabumi yang terdiri dari 5 jam dalam seminggu yang setiap jamny 40 menit. Selama proses belajar mengajar siswa diharapkan dapat meningkatkan kesiapan belajar,interaksi siswa dengan siswa, siswa dengan guru, tanggungjawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru, meningkatkan keaktifan siswa dalam berdiskusi serta meningkatkan hasil belajar siswa.
Variasinya sifat dan karakter siswa ini menuntut guru mampu mengembangkan potensinya untuk menggunakan metode pembelajaran yang ada. Karenanya, seorang guru senantiasa dapat menentukan metode pembelajaran yang tepat bagi siswa.  Kemampuan menentukan metode belajar yang tepat sesungguhnya dapat dikatakan sebagai kunci keberhasilan pembelajaran di kelas.                 Bahwa jika seorang siswa disuruh mengerjakan soal matematika maka langkah – langkah penyelesaiannya haruslah tepat dan benar, jika tidak berarti siswa tersebut belumlah betul dalam mengerjakan soal itu. Sebab dalam matematika hanya satu jawaban yang benar sehingga prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil tes atau nilai yang diperoleh siswa tersebut. Dari sini dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa merupakan bagian yang sangat penting dalam proses belajar.
Model pembelajaran tutor sebaya akan dijadikan pilihan oleh peneliti dalam menyelenggarakan proses pembelajaran bidang studi matematika. Sebagai model pembelajaran tutor sebaya perlu dicoba dan dievaluasi melalui suatu kegiatan penelitian tindakan kelas untuk bidang studi matematika, khususnya pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII-B.
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan pengamatan secara langsung pada proses dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika dikelas VII-B di SMP Negeri 10 kotabumi  dan dari uraian diatas dapat di identifikasi masalah sebagai berikut :
1.    Apakah metode tutor sebaya dapat meningkatkan kesiapan belajar siswa?
2.    Apakah metode tutor sebaya dapat meningkatkan interaksi antar siswa?
3.    Apakah metode tutor sebaya dapat meningkatkan interaksi siswa dengan guru?
4.    Apakah metode tutor sebaya dapat meningkatkan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru?
5.    Apakah metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa?

C.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan diatas maka masalah yang akan diteliti dapat dirumuskan sebagai berikut : Apakah melalui model tutor sebaya dapat meningkatkan Hasil belajar matematika pada kompetensi dasar Operasi Pecahan di kelas VII-B di SMP Negeri 10 Kotabumi.
D.     Tujuan Penelitian
Sesuai dengan Rumusan Masalah yang telah dikemukakan, maka secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B pada pelajaran matematika melalui model tutor sebaya.
         Secara rinci tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
         1.   Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada pelajaran Matematika.
         2.   Untuk meningkatkan prestasi guru dan kompetensinya.
         3.   Meningkatkan peran serta dan tanggung jawab pendidik dalam menyelenggarakan Pendidikan Nasional  yang  bermutu   melalui   pencapaian Standar Nasional Pendidikan.
         4.   Pada masa yang akan dating tercipta sumber daya manusia yang handal dan siap dalam perubahan teknologi.
         5.   Pada 5 tahun yang akan dating guru mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan baik.

E.     Manfaat Penelitian
Setelah Penelitian ini dilaksanakan diharapkan bermanfaat bagi semua pihak antara lain :
         1.   Bagi Siswa
1.    Menumbuhkan sikap kritis dan demokratis pada siswa.
2.    Melatih siswa untuk bisa bekerja sama.
3.    Melatih siswa untuk menjadi ahli.
4.    Siswa menjadi suka belajar matematika.
5.    Meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Tutor sebaya sehingga siswa lebih menguasai materi matematika dengan baik.
         2.   Bagi Guru
1.   Untuk perbaikan dan peningkatan profesional Guru.
2.   Memperluas wawasan guru tentang Penelitian Tindakan Kelas dan model Pembelajaran melalui Tutor Sebaya.
3.   Dengan dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini hendaknya dapat meningkatkan professional guru.
         3.   Bagi Sekolah
                     Diharapkan dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Model Pembelajaran melalui Tutor Sebaya dapat mengubah pandangan tentang pembelajaran yang lebih luas sehingga dapat membantu/memperbaiki pembelajaran matematika.


 
BAB II
KAJIAN TEORI

A.      Pengertian Belajar
Hasrat untuk belajar merupakan suatu hal yang bersifat alamiah bagi manusia ini disebabkan adanya hasrat ingin tahu manusia yang terus menerus terhadap dunia dengan segala isinya, hasrat ingin tahu yang demikian terhadap dunia sekelilingnya menjadikan penyebab seseorang senantiasa berusaha mencari jawabannya, dalam proses mencari jawab inilah seseorang mengalami aktivitas-aktivitas belajar.
Definisi belajar secara lengkap dikemukakan oleh Slavin (2000: 141) yang mendifinisikan belajar sebagai :
                    Belajar biasanya diartikan sebagai sebuah perubahan dalam diri seseorang yang disebabkan oleh pengalaman. Namun perubahan-perubahan yang disebabkan oleh perkembangan fisik (seperti tumbuh semakin tinggi) bukanlah contoh dari belajar. Begitupun karakteristik-karakteristik seseorang yang diperoleh sejak lahir.
     Sementara menurut Jarvis (1990:196) dalam Malcolm Tight (2000:25) bahwa belajar adalah; (1) ada tidaknya perubahan perilaku permanen sebagai hasil dari pengalaman; (2) perubahan relatif sering terjadi yang merupakan hasil dari praktik pembelajaran; (3) proses dimana pengetahuan itu digali melalui transformasi pengalaman; (4) proses transformasi pengalaman yang menghasilkan pengetahuan, skill, dan attitude. dan (5) mengingat informasi.
                    Belajar secara umum diartikan sebagai perubahan pada individu yang terjadi melalui pengalaman, dan bukan karena pertumbuhan atau perkembangan tubuhnya atau karakteristik seseorang sejak lahir. Manusia banyak belajar sejak lahir bahkan ada yang berpendapat sebelum lahir. Bahwa antara belajar dan perkembangan sangat erat kaitannya.
                    Proses belajar terjadi melalui banyak cara baik disengaja maupun tidak disengaja dan berlangsung sepanjang waktu dan menuju pada suatu perubahan pada diri pembelajar. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan perilaku tetap berupa pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan kebiasaan yang baru diperoleh individu. Sedangkan pengalaman merupakan interaksi antara individu dengan lingkungan sebagai sumber belajarnya. Jadi, belajar di sini diartikan sebagai proses perubahan perilaku tetap dari belum tahu menjadi tahu, dari tidak paham menjadi paham, dari kurang terampil menjadi lebih terampil, dan dari kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru, serta bermanfaat bagi lingkungan maupun individu itu sendiri.
                  Berdasarkan beberapa definisi tersebut, maka dapatlah kita simpulkan bahwa pada dasarnya belajar merupakan suatu proses yang ditandai: (1) adanya perubahan tingkah laku pada diri seseorang, (2) perilaku bersifat permanen, (3) perubahan tingkah laku tersebut karena pengalaman sebagai akibat dari interaksi antara individu dengan lingkungan. Adapun perubahan sebagai hasil proses belajar dapat diindentifikasi berbagai bentuk seperti perubahan pengetahuan, pemahaman, serta perilaku, kecakapan, keterampilan dan kemampuan, apresiasi, serta peran aspek lain yang ada pada individu yang belajar.
B.      Pengertian Hasil Belajar Matematika
Dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika, guru seharusnya mengetahui hakikat matematika itu sendiri, hakikat anak, dan cara mengajarkan matematika menurut teori yang diterapkan. Guru yang tidak mengetahui ketiga hal tersebut di atas bagaikan tidak mempunyai dasar dan tujuan yang jelas dalam mengajar. Akibatnya, anak dapat diarahkan ke mana arah tujuan pembelajaran matematika yang dikehendaki guru.
        Apakah matematika itu? Hingga saat ini belum ada kesepakatan yang bulat di antara para matematikawan tentang apa yang disebut matematika itu. Sedangkan sasaran penelaahan matematika itu sendiri sebagaimana kita tahu, tidaklah konkrit melainkan abstrak. Oleh karena itu, untuk menjawab apa matematika itu? Sejumlah tokoh memberi definisi, komentar, atau pandangan.
Selain itu, matematika juga dipandang sebagai suatu bahasa, struktur logika, batang tubuh dari bilangan dan ruang, rangkaian metode untuk menarik kesimpulan, esensi ilmu terhadap dunia fisik, dan sebagai aktivitas intelektual.
       Banyak peneliti pendidikan matematika (Midwest Consortium for Mathematics and Science Education), mendukung pandangan bahwa terlalu banyak penekanan yang diberikan pada matematika mekanik dan matematika prosedural menghambat belajar yang bermakna. Ini dapat mengarah pada miskonsepsi yang meluas tentang kekuatan/keterbatasan dari metode-metode pengajaran matematika.
       Apabila para siswa diberi kesempatan untuk terlibat aktif dalam proses belajar, mereka menjadi lebih mampu untuk membangun makna-makna mereka sendiri tentang berbagai gagasan dan konsep matematika. Siswa-siswa kemudian akan memperoleh perasaan memiliki atas konsep atau topik matematika itu. Dengan begitu, ini akan memberdayakan para siswa. Guru-guru yang memasukkan strategi-strategi belajar ini dapat berfungsi tidak saja sebagai seorang guru tetapi juga sebagai fasilitator. Perbedaan utama di antara peran guru dan peran fasilitator yaitu guru menyebarkan informasi pada para siswa dengan menginformasikan, menjelaskan, membicarakan, dan mencoba menjadikan informasi itu sejelas mungkin pada siswa, sedangkan fasilitator memandu, mengarahkan, dan menasihati para siswa, yang pada akhirnya dapat tiba pada dugaan, bukti, atau konklusi mereka sendiri.
Pengajaran matematika tidak sekedar berupaya menyampaikan berbagai aturan, definisi, dan prosedur agar dihafalkan para siswa, tetapi untuk melibatkan para siswa sebagai partisipan yang aktif dalam proses belajar. Beberapa strategi pembelajaran yang dianjurkan untuk mendukung lingkungan belajar yang aktif dalam ruang kelas matematika adalah penggunaan materi konkret, dorongan untuk diskusi-diskusi siswa tentang gagasan matematika, karya tulis siswa, yang meliputi jurnal belajar, dan grup-grup belajar kooperatif untuk berbagai pengalaman dan gagasan. Partisipasi aktif para siswa berpotensi untuk memperluas pemahaman konsep-konsep matematis mereka. Keuntungan lain dari belajar kooperatif termasuk pengembangan skill-skill penalaran, peningkatan penghargaan terhadap diri sendiri, perbaikan sikap dan pemahaman terhadap kaum minoritas dan budaya lain, serta penerimaan terhadap para siswa yang mengikuti trend dominan.
       Model-model belajar kooperatif telah terbukti efektif di kelas-kelas yang heterogen. Penting kita catat bahwa terdapat perbedaan di antara kerja grup kecil dan belajar kooperatif. Tema utama dari model belajar kooperatif yaitu tiap siswa dalam grup kooperatif bertanggung jawab atas hasil akhir grup dan para siswa harus bekerja sama sebagai team supaya berhasil. Bagaimanapun, dalam kerja grup kecil, meskipun para siswa secara fisik ditempatkan bersama-sama, masing-masing siswa bertanggung jawab untuk dirinya sendiri. Jadi, anggota-anggota grup kecil mungkin saling mendukung dan berbicara satu sama lain, tetapi hanya ada hasil-hasil individual dan tidak ada tujuan bersama.
C.      Pengertian tutor sebaya
        Roscoe dan Chi (2007) menjelaskan bahwa dalam pembelajaran dengan tutor sebaya, seorang tutor diharapkan menggunakan kemampuannya untukmemberikan pengajaran dan mengarahkan siswa (tutee)untuk mencapai solusi dan pemahaman sesuai dengantarget pembelajaran yang telah ditetapkan. Selain itu,dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya ini terjadi proses membangun danmemberitahukan pengetahuan. Seorang tutor dalam kelompok akan mendapatkan manfaat ketika dia memberikan penjelasan kepada tuteenya. Ketika tutor memberikan penjelasan pada tutee, tutor melakukan pengintegrasian konsep dan prinsip serta memunculkan ide baru. Selain itu, ketika tutee mengajukan pertanyaan yang spesifik dan mendalam, hal itu akan mendukung tutee dalam merefleksikan pengembangan pengetahuan,
Dimana tutor berperan membantu proses ini sekaligus juga menguatkan pemahamannya (Chi &Roscoe, 2007; Depaz & Moni, 2008). Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan skor skala belajar berdasar regulasi-diri pada kelompok perlakuan. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, yaitu belum mengukur evaluasi hasil pembelajaran melalui tes prestasi.
Selain itu, selama penelitian berlangsung peneliti belum melakukan observasi terhadap perilaku yang muncul selama metode pembelajaran tutor teman sebaya berlangsung, seperti intensitas perilaku mencari pertolongan dan memberi pertolongan, maupun perilaku yang menunjukkan gejala minat yang rendah terhadap
tutor teman sebaya yang ditunjukkan dengan perilakuyang kurang menghargai tutor atau meremehkan.
Beberapa penelitian sebelumnya seperti penelitian Pintrich dan DeGroot (1990), Zimmerman (1994); Kosnin (2007) menemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara belajar berdasar regulasi-diri (selfregulatedlearning) dengan prestasi akademik.
Penelitian tersebut menemukan bahwa ada beberapa korelasi antara aspek-aspek belajar berdasar regulasidiri (self regulated learning) dengan prestasi akademik yaitu pada aspek, yaitu pada aspek kendali keyakinan belajar, efikasi diri, dan strategi managemen sumberdaya.
Variabel belajar berdasar regulasi-diri dalam penelitian ini menggunakan skala dengan segala keterbatasan. Variasi partisipan yang tinggi menyebabkan pemahaman terhadap item-item dalam skala ini juga bervariasi sehingga mengakibatkan hasil penelitian tidak seperti yang diharapkan, serta munculnya keluhan mahasiswa saat penelitian berlangsung yang tidak terekam. Penambahan atau kombinasi metode pengumpul data lain seperti wawancara dan observasi yang cermat sangat diharapkan sehingga diperoleh data yang lebih akurat dan hasil penelitian yang mendekati kondisi
sebenarnya dari partisipan.
D.      Operasi Bilangan Pecahan
Bilangan Pecahan ialah Bilangan Rasional yang tidak bulat dan tidak utuh berdasarkan cara penulisannyabilangan pecahan  bisa dibedakan atas pecahan biasa dan pecahan desimal  Pecahan biasa selalu menunjukan bentuk pembagian antara dua bilangan  contoh 3..4 2/5dansetiap pecahan biasa dapat diubah bentuknya menjadi pecahan desimal dengan cara pembagian 3.4=0,75 dalam bentuk pecahan biasa terdapat dua suku  yaitu pembilang dan penyebut seperti 3.4     3=pembilang 4 =penyebut
Jika pecahan-pecahan yang akan dijumlahkan atau dikurangkan memiliki penyebut yang berbeda maka penyebut-penyebut pecahan tersebut harus disamakan terlebih dahulu.
Untuk menyamakan penyebut-penyebut pecahan tersebut tentukan KPK dari penyebut pecahan itu kemudian masing-masing pecahan diubah menjadi pecahan yang penyebutnya merupakan KPK yang sudah ditentukan.
Contoh :     1.  a  +  3a                               4.  5   - 3
                                  5       5                                  4a   8b

                            2.  3P  +  5P                            5.  4   -  5
                                  4         4                                 3a    6a

                            3.  a  +  5a

                                 2       6

 
BAB III
METODE PENELITIAN

A.    A.  Setting
  1. Tempat dan waktu
Tempat penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di SMP N 10 Kotabumi beralamat Jl.Alamsyah Ratu Prawira Negara,Kelapa Tujuh Kotabumi,Lampung Utara tahun pelajaran .2012/2013.
Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan, pada tanggal  September sampai dengan  Desember 2012 semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013.
  1. Observer
Penelitian ini dibantu oleh satu orang guru SMP N 10 Kotabumi yang bertugas mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Guru tersebut bernama Yanu Dwi Ardhani,S.Pd dan Diah Agrifina,S.Pd yang merupakan guru matematika. Adapun dipilihnya guru tersebut karena dia bersedia untuk membantu peneliti dalam melaksanakan penelitian ini.
  1. Rancangan
Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, dimana masing siklus dikenai perlakuan yang sama (alur kegiatan yang sama) dan membahas satu sub pokok bahasan yang diakhiri dengan tes formatif di akhir masing putaran. Dibuat dalam tiga putaran dimaksudkan untuk memperbaiki sistem pengajaran yang telah dilaksanakan.
  1. Kriteria Keberhasilan
Penelitian ini dikatakan berhasil apabila :
a.       95%  dari jumlah  siswa  yang terlibat  aktif dalam  membahas  materi pelajaran
b.      70% Siswa pada tiap tiap  kelompok  mampu menyampaikan pedapat
c.       70 % Siswa berani bertanya atau  memberikan tanggapan terhadap presentasi yang disampaikan
d.      70% Siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru atau temen sebayanya
e.       Penyelesaian tugas kelompok tepat waktu
f.       Rata-rata tingkat partisipasi siswa dalam proses  pembelajaran di kelas mencapai 76%
  1. Jadwal pelaksanaan Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2012 – 2013, selama 3 (empat) bulan, yaitu bulan September 2012 sampai bulan Desember 2012 dengan jadwal sebagai berikut :




Tabel 1
Jadwal Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas
No
Hari/Tanggal
Siklus
Kegiatan
1.
3 – 4 September 2012

Penyusunan proposal penelitian
2.
512 September 2012

Persiapan Penelitian
3.
13 September 2012
1
Pertemuan pertama
4
18 September 2012
1
Perteuan kedua
5.
20 September 2012
1
Pertemuan ketiga
5.
21-24September 2012

Refleksi dan evaluasi siklus 1
6.
25 September 2012
2
Pertemuan keempat
7.
9 oktober 2012
2
Pertemuan kelima
8.
11 Oktoberr 2012
2
Pertemuan keenam
10.
12-31 Oktober 2012

Refleksi dan evaluasi siklus 2
11.
1-16November 2012

Analisis data
12
17-30November 2012

Pelaporan

B.     Subyek Penelitian
Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas VII B yang terdiri dari 42 siswa. Dipilihnya kelas VII B sebagai subyek penelitian karena peneliti mengajar di kelas tersebut sehingga tidak mengganggu aktivitas mengajar guru bidang studi yang lain.

C.    Sumber Data
1.      Proses Belajar siswa
Hal-hal yang akan dicermati dalam kegiatan ini antara lain :
a.       Kedisiplinan
b.      Interaksi siswa dengan siswa
c.       Interaksi siswa dengan guru
d.      Tanggung jawab siswa terhadap tugas
e.       Keaktifan berdiskusi
2.      Hasil belajar kelompok
Hal-hal yang dicermati antara lain:
a.       Kecepatan menyelesaikan tugas
b.      Kerapian
c.       Kebenaran jawaban
3.      Hasil belajar/Tes
Hasil belajar adalah nilai yang diperoleh siswa dari post test yang diberikan setiap pertemuan setelah materi selesai dibahas.

D.    Teknik Pengumpulan Data
1.      Pengamatan
Pengamatan dilakukan pada setiap kali pertemuan dengan dibantu dua orang observer.
Tabel 2 Lembar Pengamatan Siswa
No
Nama Siswa
Skor 1
Skor 2
Skor 3
Skor 4
Skor 5
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
1
















2
















3
















4
















5
















6
















7
















8
















9
















10
















11
















12
















13
















14
















15
















16
















17
















18
















19
















20
















21
















22
















23
















24
















25
















26
















27
















28
















29
















30
















31
















32
















33
















34
















35
















36
















37
















38
















39
















40
















41
















42
















Jumlah















 Persentase
















Guru Mata Pelajaran



                                                                          Endriani Jayanti,S.Pd              NIP.198707162009032002


Keterangan :
1)      Kedisiplinan
2)      Interaksi siswa dengan siswa
3)      Interaksi siswa dengan guru
4)      Tanggung jawab siswa terhadap tugas
5)      Keaktifan berdiskusi
2.      Penilaian Kerja Kelompok
Penilaian kelompok dilakukan oleh guru mata pelajaran.
Tabel 3 Lembar Penilaian Kelompok
No
Nama Kelompok
Skor 1
Skor 2
Skor 3
Skor 4
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
1













2













3













4













5













6













7













8













Jumlah












Persentase












Kotabumi,   oktober 2012
Observer 1                                                                   Observer 2



Yanu Dwi Ardhani,S.Pd                                        Diah Agrifina,S.Pd
NIP. 1974010619990322004                              NIP.198107212009032001




Keterangan :
1)      Kecepatan mengerjakan tugas
2)      Kerapian
3)      Kebenaran Jawaban
3.      Hasil belajar / Tes
No
Nama siswa
KKM
Nilai
Tuntas/Tidak tuntas
1.

65


2.




3.




4.




5.




6.




7.




8.




9.




10.




11.




12.




13.




14.




15.




16.




17.




18.




19.




20.




21.




22.




23.




24.




25.




26.




27.




28.




29.




30.




31.




32.




33.




34.




35.




36.




37.




38.




39.




40




41




42





D.    Langkah Penelitian

              Penelitian yang akan dilakukan di kelas IX SMP Negeri 10 Kotabumi adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  terdiri atas tiga tindakan berulang yang meliputi siklus I dan II.  Setiap siklus meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observation), dan perenungan (refleksing).  Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menentukan keputusan perbaikan pada siklus berikutnya.

Penelitian Siklus I
Pertemuan 1 (Kamis, tanggal 13 September 2012)
3 jam pelajaran (2x35 menit)
Siklus pertama dalam penelitian tindakan kelas ini mencakup proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sebagai berikut :
1.    Perencanaan
       Pada Siklus I Pertemuan 1 peneliti menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, Materi pokok adalah memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan pecahan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan serta menyebarkan angket yang dilakukan bersama kolaborator.

2.    Pelaksanaan
       Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang sudah dibuat, dilakukan secara sistematis dengan cara :
       *     Kegiatan Awal
              1.    Berdoa, mengisi daftar hadir dan menyiapkan materi
              2.    Mengingat kembali materi yang telah dipelajari
              3.    Apersepsi memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat
              4.    Mengulang pelajaran minggu lalu dan memberikan pertanyaan sebagai berikut :
                     Berapakah hasil dari pecahan berikut in?
                     Contoh : 1. 11 = ......
                                          4    5
                                    2. 1 3 – 2 1 = .......
                                             7       3   
       *     Kegiatan Inti
              1.    Guru menjelaskan cara penyelesaian soal pengurangan bilangan pecahan.      
                     Contoh :
                     1.    11 = 43 = 4 – 3 = 1
                            3    4    12  12    12      12
      
                     2.    2 1 – 1 1 = 113 = 2215 = 7
                               5       2     5     2    10     10   10
              2.    Guru memberikan soal-soal
              3.    Siswa membentuk kelompok yang dibantu oleh 1 orang tutor
              4.    Siswa mengerjakan soal yang ada di buku latihan
              5.    Siswa mengerjakan soal sesuai contoh yang diberikan guru pada contoh yang ada di papan tulis.
       *     Kegiatan Akhir
                     Semua siswa mengerjakan soal setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan tutor sebaya.

3.    Pengamatan
              Selama guru melaksanakan pembelajaran, kolaborator melakukan observasi kegiatan guru dan siswa dengan mengisi lembar pengamatan dalam bentuk Catatan Lapangan yang telah dibuat.


4.    Refleksi
       Dari hasil proses pembelajaran pada Siklus I, peneliti dengan kolaborator berdiskusi untuk menyempurnakan proses pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

Pertemuan 2 (Selasa, 18 September 2012)
2 jam pelajaran (2x35 menit)
1.    Perencanaan
              Pada pertemuan ke 2 Peneliti menyajikan materi tentang sifat-sifat operasi hitung Bilangan Pecahan dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan Perkalian dan Pembagian pecahan.

2.    Pelaksanaan
       Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang sudah dibuat, dilakukan secara sistematis dengan cara :
       *     Kegiatan Awal
              1.    Berdoa, mengisi daftar hadir dan menyiapkan materi
              2.    Mengingat kembali materi yang telah dipelajari
              3.    Apersepsi memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat
              4.    Guru menjelaskan tentang Perkalian Pecahan
              Contoh : 1.    1 x 2
                                    3    4
      
                              2.   1 1 x 3 1
                                       4       2
       *     Kegiatan Inti
              1.    Guru menjelaskan cara menyelesaikan bentuk Perkalian pecahan.
                     Contoh : 1.   1 x 3 = 1 x 2 = 2 = 1
                                          3    4    3 x 4   12   6

                                    2.   1 1 x 3 1 = 5 x 7 = 5 x 7 = 35 = 4 3
                                                   4       2    4   2     4 x 2     8        8
              2.    Guru menuliskan soal-soal
              3.    Siswa mengerjakan soal-soal
              4.    Siswa membentuk kelompok yang dibantu oleh 1 orang Tutor
       *     Kegiatan Akhir
                     Semua siswa mengerjakan soal setelah dilaksanakan proses pembelajaran melalui model Tutor sebaya

3.    Pengamatan
              Selama guru melaksanakan pembelajaran, kolaborator melakukan observasi kegiatan guru dan siswa dengan mengisi lembar pengamatan dalam bentuk Catatan Lapangan yang telah dibuat.

4.    Refleksi
       Dari hasil proses pembelajaran pada Siklus I, peneliti dengan kolaborator berdiskusi untuk menyempurnakan proses pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

Pertemuan 3 (Kamis, 20 September 2012)
3 jam pelajaran (3x35 menit) sebagai berikut :
1.    Perencanaan
                     Pada pertemuan ke 3 ini materi yang disajikan adalah tentang Pecahan senilai yang berkaitan dengan Porsen, Permil dan tentang Pemecahan masalah.
2.    Pelaksanaan
       Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang sudah dibuat, dilakukan secara sistematis dengan cara :
       *     Kegiatan Awal
              1.    Berdoa, mengisi daftar hadir dan menyiapkan materi
              2.    Mengingat kembali materi yang telah dipelajari
              3.    Apersepsi memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat
              4.    Guru menjelaskan tentang Pecahan senilai, Porsen dan Permil.
              Contoh : 1.    1  senilai dengan .......            
                                    3
                               2.  1 = ......%
                                    5
                               3.  3   = ......%      
                                    25
       *     Kegiatan Inti
              1.    Guru menjelaskan tentang Pecahan senilai, Porsen dan Permil.
                     Contoh :  1.  1  =  2  =  3
                                                 3      6      9
                                           2. 1  =  1 x 20  =  20  =  20%
                                                    5      5 x 20     100
                                           3. 3  =  3 x 40  =  120  =  120%
                                                 25     25x40      1000
              2.    Mengadakan tes.
       *     Kegiatan Akhir
                        Siswa menyelesaikan soal-soal tes

3.    Pengamatan
              Selama guru melaksanakan pembelajaran, kolaborator melakukan observasi kegiatan guru dan siswa dengan mengisi lembar pengamatan dalam bentuk Catatan Lapangan yang telah dibuat.

4.    Refleksi
       Dari hasil proses pembelajaran pada Siklus I, peneliti dengan kolaborator berdiskusi untuk menyempurnakan proses pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

Penelitian siklus II
Pertemuan 1 (Selasa,  25 September 2012)
2 jam pelajaran (2x35 menit)
1.    Perencanaan
              Peneliti bersama kolaborator mendiskusikan hasil pembelajaran Siklus I dan memperbaikinya pada Siklus II.
              Pada Siklus II peneliti menggunakan bermacam metode diantaranya metode ceramah, tanya jawab dan juga latihan berulang dan memanfaatkan media pembelajaran ( OHP ) yang sesuai dengan materi yang menggunakan pendekatan kepada siswa dengan tujuan agar ada perbaikan. Siswa dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan Penjumlahan Pecahan bentuk Aljabar dan tetap dibantu oleh seorang Tutor.


2.    Pelaksanaan
              Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang sudah dibuat, dilakukan secara sistematis dengan cara :       
       *     Kegiatan Awal
              1.    Mengabsen, berdoa, dan mempersiapkan materi pokok.
              2.    Siswa diberikan materi pertanyaan, sebagai apersepsi pada permulaan belajar.
              3.    Siswa membentuk kelompok yang dikoordinir oleh seorang tutor.
       *     Kegiatan Inti
              1.    Siswa dengan serius mendengarkan dan memperhatikan tutor tentang pengurangan dan penjumlahan bilangan pecahan.
              2.    Siswa mengerjakan lembar kerja yang disiapkan dan diberikan guru.
              3.    Guru mengoreksi pekerjaan siswa.
       *     Kegiatan Akhir
              1.    Pada proses pembelajaran siswa selalu dalam bimbingan guru dan tutor membuat kesimpulan tentang penjumlahan pecahan bentuk Aljabar.
              2.    Semua kegiatan pada akhir proses pembelajaran siswa diberikan evaluasi yang dikerjakan berupa soal.

3.    Pengamatan
              Selama guru melaksanakan pembelajaran, kolaborator melakukan Pencatatan Lapangan tentang kegiatan guru dan siswa dengan mengisi lembar pengamatan yang telah dibuat.
4.    Refleksi
              Setelah proses pembelajaran Siklus II yang dilaksanakan menggunakan tiga metode yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan latihan berulang serta tetap dipantau oleh seorang tutor, diharapkan hasil dari latihan tersebut lebih meningkat, sehingga peneliti dan kolaborator perlu berdiskusi kembali agar proses pembelajaran Sikus II hasilnya lebih baik lagi dengan menambahkan model pembelajaran yang lain ( tambahan metode ) dengan menggunakan OHP sebagai bahan evaluasi yang tepat guna dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan berharap agar siswa dapat memahami sendiri ( metode inkuri ) yang artinya menemukan hasil sendiri dengan baik.   

Pertemuan 2 (Selasa, 9 Oktober 2012)
3 jam pelajaran (3x35 menit)
1.    Perencanaan
              Peneliti berdiskusi dengan kolaborator tentang model / metode yang bervariasi seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan berulang. Media pembelajaran OHP dan metode inkuiri yang lebih kongkrit serta menggunakan peningkatan dengan banyak latihan dan evaluasi sehingga latihan dan pekerjaan siswa lebih meningkat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga berbagai masalah dapat segera terselesaikan.
2.    Pelaksanaan
              Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang sudah dibuat, dilakukan secara sistematis dengan cara :
       *     Kegiatan Awal
              1.    Mengisi daftar hadir, berdoa dan menyiapkan serta menyampaikan materi yang akan diajarkan.
              2.    Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan lisan kepada siswa sebagai appersepsi.
       *     Kegiatan Inti
              1.    Memberikan bentuk-bentuk soal yang bervariasi seperti soal-soal dibawah ini :
                     1.  2x4x = ....
                          3y    3y
                    
                     2.  Q -2Q-4 = .....
                             5        3      
              2.    Dengan bantuan seorang tutor, pertanyaan-pertanyaan dari guru dapat lebih cepat dijawab siswa sehingga proses pembelajaran dengan banyak pertanyaan yang diberikan guru siswa lebih banyak berpikir dan menemukan jawaban dengan tepat.
              3.    Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang soal-soal yang dianggap sukar.
              4.    Masing-masing perwakilan dari kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya.
              5.    Guru memberikan penjelasan tentang jawaban dari soal-soal tersebut.
       *     Kegiatan Akhir
              1.    Guru membimbing siswa untuk mengumpulkan materi pelajaran yang sesuai materi pokok yaitu pengurangan bilangan pecahan berbentuk aljabar.
              2.    Siswa mengerjakan soal-soal.
              3.    Guru memberikan pertanyaan dan berpesan agar di rumah berlatih mengulangi pelajaran yang diberikan.

3.    Pengamatan
              Dalam melaksanakan tindakan ini penulis dibantu oleh kolaborator untuk mengamati setiap kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa melalui lembar Catatan Lapangan.

4.    Refleksi
              Selesai proses pembelajaran pada Pertemuan ke-2 yang sudah dilaksanakan dengan menggunakan metode bervariasi dan guru menggunakan pendekatan kepada siswa, ternyata siswa lebih aktif dan hasil belajarnya meningkat.
              Hal yang ditunjukkan oleh hasil yang diperoleh siswa melalui tes tertulis.

Pertemuan 3 (Kamis, 11 Oktober 2011)
3 jam pelajaran (3x35 menit)
1.    Perencanaan
              Pada Pertemuan ke-3 ini yang merupakan pertemuan terakhir peneliti menyajikan materi tentang Pembagian Pecahan bentuk aljabar dan melaksanakan Tes.

2.    Pelaksanaan
       Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang sudah dibuat, dilakukan secara sistematis dengan cara :
       *     Kegiatan Awal
              1.    Berdoa, mengisi daftar hadir dan menyiapkan materi
              2.    Mengingat kembali materi yang telah dipelajari
              3.    Apersepsi memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat
              4.    Guru menjelaskan tentang Pembagian bentuk aljabar
                     Contoh :     1.  3  :  2
                                             P     6
                                        2.  8x  :  3
                                             7      2y
       *     Kegiatan Inti
              1.    Guru menjelaskan tentang Pembagian bentuk aljabar.
                     Contoh :     1.  3  :  2  =  3  x  6  =  18  =  9      
                                            P     6      p      2      2p      p
                                        2.  8x  :  3  =  8x  x  2y  =  16xy
                                               7    2y      7       3         21
             
              2.    Melaksanakan Tes
       *     Kegiatan Akhir
Setelah siswa melaksanakan Tes maka diperoleh hasil sebagai berikut :
-       Daya Serap                    :   
-       Nilai Rata-rata               :   
-       Ketuntasan Belajar        :   

E.    Metode Pengumpulan Data
Observasi atau pengamatan merupakan suatu teknik atau cara untuk mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan terhadap kegiatan penelitian yang sedang berlangsung. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan observasi ini, diantaranya :
Memperhatikan focus penelitian, kegiatan apa yang harus diamati, baik yang umum maupun yang khusus. Kegiatan yang umum maksudnya yaitu segala sesuatu yang terjadi di dalam kelas harus diamati dan dikomentari serta dicatat dalam catatan lapangan. Sedangkan observasi kegiatan khusus, maksudnya ialah observasi tersebut hanya memfokuskan pada kegiatan khusus yang terjadi di dalam kelas, seperti kegiatan tertentu atau praktik pembelajaran tertentu.

F.    Instrumen Penelitian Tindakan Kelas
       a.     Angket
       b.    Tes
       c.     Lembar Pengamatan

G.   Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan wawancara    .
Tes : dipergunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika untuk mengumpulkan data tentang motivasi siswa dalam proses belajar mengajar.

H.   Alat Pengumpulan Data
·           Tes : butir soal / instrument soal
·           Observasi : lembar observasi
·           Kuesioner : lembar pernyataan / pertanyaan kuesioner

I.     Analisis Data
·           Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan Siklus PTK dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
·           Hasil belajar : dengan menganalisis nilai rata-rata ulangan harian, kemudian dibandingkan dengan nilai sebelumnya serta KKM.
·           Aktivitas siswa dalam PBM : dengan menganalisis tingkat keaktifan siswa dalam PBM.
·           Implementasi tindakan (treatment) dalam pembelajaran : dengan menganalisis tingkat keberhasilannya.

J.     Indikator Keberhasilan
Hasil belajar matematika dikatakan tuntas jika angkanya lebih besar atau sama dengan 65 , dikatakan tidak tuntas jika angkanya kurang dari 65. Penerapan model pembelajaran melalui model Tutor sebaya dikatakan berhasil jika prosentase keaktifan siswa lebih besar atau sama dengan 65%, dikatakan tidak berhasil jika prosentase keaktifan kurang dari 65%.

 
DAFTAR PUSTAKA

Adi Sukarna dkk. 1992. Pedoman Penggunaan Alat Peraga. Jakarta : Depdikbud.

Alkausar Aflait Mandiri. 2011. Panduan Pemakaian Alat Peraga. Jakarta : PT AFIAH Produsen & Distributor Alat Peraga Pendidikan.

Dahar,R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta : PPLPTK Dirjen Dikti, Depdikbud.

Joko Sulianto, M.Pd. 1986. Media dan Alat Peraga Pembelajaran Matematika. diunduh dari http://www.scribd.com/doc/7546746 hari Jum’at tanggal 27 Januari 2012 pk. 21.28.

M. Cholik Adinawan. 2007. Matematika SMP Jilid IB kelas VII. Penerbit Erlangga.

Slavin Robert R. 1997. Educational Psychology Theory and Practice. Fifth Editional.