Senin, 17 Desember 2012

Artikel Nina Milaningrum,S.Pd


ARTIKEL JURNAL
NINA MILANINGRUM,S.Pd

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMANT DIVISION (STAD) SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 6 KOTABUMI SEMESTER GANJIL TAHUN 2012

Hasil pengamatan pada pembelajaran kesebangunan dan kongruenan pada siswa kelas IX F SMP Negeri 6 Kotrabumi Lampung Utara,menunjukkan bahwa penyajian pembelajaran kesebangunan dan kekongruenan yang dilakukan guru selama ini tidak bervariasi,pembelajaran cenderung berpusat pada guru,hal ini menyebabkan ketuntasan hasil  belajar rendah.

Upaya perbaikan yang direncanakan adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD).Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajat kesebangunan dan kekongruenan siswa melalui model pembelajaran tipe Student Team Achivement Division (STAD)

Penelitian ini dilaksanakan di SMP 6 Kotabumi Lampung Utara dengan dua siklus dan masinh-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Team Achivement Division (STAD).pada masing –masing siklus dilakukan perencanaan,tindakan,pengamatan dan refleksi.Hasil refleksi dijadikan sebagai dasar unruk perencanaan kembali untuk melaksanakan tindakan pada siklus berikutnya.

Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 sudah menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa meskipun demikian masih ada kendala-kendala yang nenghambat kelancaran proses belajar – mengajar,kendala-kendala ini dapat diatasi pada siklus II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar