Proposal Penelitian Tindakan Kelas
MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIPE STAD
SISWA
KELAS VIII A
SEMESTER GANJIL DI
SMP NEGERI 1 HULU SUNGKAI
TAHUN
2012
Diajukan sebagai syarat kenaikan
pangkat dari golongan III B
ke III C
Oleh
:
AMBON ARIANA,S.Ag
NIP. 19770830 2006042014
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN
LAMPUNG UTARA
SMP NEGERI 1 HULU SUNGKAI
TAHUN 2012
LEMBAR
PENGESAHAN
MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIPE STAD
SISWA
KELAS VIII A
SEMESTER GANJIL DI
SMP NEGERI 1 HULU SUNGKAI
TAHUN
2012
Oleh
:
Nama : AMBON
ARIANA,S.Ag
NIP : 19770830 2006042014
Pangkat /
Golongan : Penata Muda TK.I / III B
Unit Kerja : SMP Negeri 1 Hulu Sumgkai
Mengetahui
Hulu Sungkai, September 2012
Kepala SMP
Negeri 1 Hulu Sungkai Yang membuat PTK
EDI
SURAHMAT,S.Pd
AMBON ARIANA,S.Ag
NIP.196012191982071001 NIP. 19770830
2006042014
ABSTRAK
AMBON
ARIANA,S.Ag
Judul penelitian ini adalah : MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIFE
STAD SISWA KELAS
VIII A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1
HULU SUNGKAI TAHUN
2012
Sejak
tahun 2007 SMP sudah menggunakan KTSP yang dibuat oleh seluruh warga
sekolah.Dalam KTSP itu termuat mata pelajaran Matematika dengan jumlah 6 jam
mata pelajaran setiap minggu.Adapun yang mempengaruhi aktivitas belajar
Matematika pada SMP diantaranya adalah meningkatnya aktivitas siswa,interaksi
antar siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar
siswa,prestasi siswa,pemenuhan tugas siswa.Oleh karena itu peneliti ingin
mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooferatif tife STAD dapat
meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Hulu Sungkai Tahun 2012.
Penelitian
Tindakan kelas ini,subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri.1 Hulu Sungkai Dan sumber data yang
digunakan adalah aktivitas belajar siswa,hasil belajar siswa,dan hasil kerja
kelompok siswa.Dalam proses pengembalian data penulis menggunakan teknik
observasi,test,dan penilaian portofolio ( Kerja Kelompok ).
Berdasrkan hasil
penelitian ,diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar Matematika Melalui pembelajaran kooferatif tife STAD
dapat
meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Hulu Sungkai Tahun 2012.yaitu selalu
memberikan peningkatan dari pertemuan pertama sampai keenam.
KATA
PENGANTAR
Puji
serta syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena dengan rahmat,dan
hidayah-Nya,sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal Penulisan Tindakan
Kelas (PTK) ini tepat pada waktunya dengan judul “MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIFE STAD
SISWA KELAS VIIIA SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 HULU SUNGKAI TAHUN
2012.Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan PTK ini masih banyak terdapat kekurangan,oleh
karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan
demi perbaikan isi PTK ini dikemudian hari.
Dan
pada kesemapatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada:
1.Kepala Sekolah dan seluruh dewan Guru SMP N 1 Hulu Sungkai Kabupaten
1.Kepala Sekolah dan seluruh dewan Guru SMP N 1 Hulu Sungkai Kabupaten
Lampung Utara
yang telah banyak membantu penulis dalam memperoleh data-data yang penulis
butuhkan.
2.Orang
Tuaku,Suamiku dan
anandaku tersayang yang turut memberikan dorongan serta semangat
dalam belajar hingga penulis dapat
menyelesaikan PTK ini tepat pada waktunya.
Penulis berharap semoga proposal PTK
ini dapat bermanfaat baik bagi penulis sendiri,maupun bagi para dewan guru
lanjutan sebagai reperensi atau literatur.
Hulu Sungkai, September
2012
AMBON ARIANA,S.Ag
NIP.
19770830 2006042014
DAFTAR
ISI
Logo..................................................................................................................i
Pengesahan..................................................................................................................ii
Absrak.........................................................................................................................iii
Kata
Pengantar............................................................................................................iv
Dafta isi.......................................................................................................................v
Daftar
Tabel................................................................................................................vi
BAB I : PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Masalah...................................................
B.Identifikasi
Masalah.........................................................
C.Rumusan
Masalah............................................................
D.Tujuan Penelitian……………………………………….
E Manfaat
Penelitian...........................................................
BAB II : KAJIAN
PUSTAKA
A.Pembelajaran Matematika di SMP N 1 Hulu Sungkai.........
B.Aktivitas Belajar...................................................................
C.Model
Pembelajaran……………………………………….
D.Penelitian
Tindakan Kelas (PTK)........................................
BAB III : METODE PENELITIAN
A.Setting
1.
Tempat dan waktu……………………………………..
2.
Observer……………………………………………….
3.
Rancangan……………………………………………..
B.Subyek
Penelitian...............................................................
C.Sumber Data
1.Proses Belajar Siswa………………………………………
2.Hasil Kerja Kelompok……………………………………..
3.
Hasil Belajar………………………………………………
D.Teknik Pengumpulan Data
1.
Pengamatan.........................................................................
2.
Penilaian Arsip……………………………………………
3.
Tes dan Post tes………………………………………….
DATAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Daftar
Tabel
Tabel.1 Jadual
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
.........................................................
Tabel.2 Data Aktivitas
Belajar Siswa
...........................................................................
Tabel.3 Nilai Test
Siswa ..............................................................................................
Tabel.4 Penilaian
Portofolio ( Kerja Kelompok )
.......................................................
Tabel.5 Data Aktivitas
Belajar Siswa
.........................................................................
Tabel.6 Nilai Test
Siswa
............................................................................................
Tabel.7 Penilaian
Portofolio ( Kerja Kelompok )
.....................................................
Tabel.8 Data Aktivitas
Belajar Siswa
.......................................................................
Tabel.9 Nilai Test
Siswa
...........................................................................................
Tabel.10 Penilaian
Portofolio ...................................................................................
Tabel.11 Data Aktivitas
Belajar Siswa
.....................................................................
Tabel.12 Nilai Test
Siswa
............................................................................................
Tabel.13 Penilaian
Portofolio ( Kerja Kelompok )
...................................................
Tabel.14 Data Aktivitas
Belajar Siswa
......................................................................
Tabel.15 Nilai Test
Siswa ..........................................................................................
Tabel.16 Penilaian
Portofolio ( Kerja Kelompok )
..................................................
Tabel.17 Data Aktivitas
Belajar Siswa .....................................................................
Tabel.18 Nilai Test
Siswa
.........................................................................................
Tabel.19 Penilaian
Portofolio ( Kerja Kelompok )
...................................................
Tabel.20 Data Aktivitas
Belajar Siswa
......................................................................
Tabel.21 Nilai Test
Siswa
..........................................................................................
Tabel.22 Penilaian
Portofolio ( Kerja Kelompok )
................................................
Tabel.23 Data Aktivitas
Belajar Siswa
......................................................................
Tabel.24 Nilai Test
Siswa ..........................................................................................
Tabel.25 Penilaian
Portofolio ( Kerja Kelompok )
.................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang masalah
Dalam pembelajaran aktivitas dan
kreatif mengandung makna ,siswa mampu mengikuti pembelajaran yang
efektif,efisien dan menyenangkan.Oleh sebab itu guru harus menggunakan
bermacam-macam model pembelajaran yang menarik untuk ,mencapai hasil yang
diharapkan diantaranya adalah menggunakan model kooperatif tipe STAD Bila
kita amati dilapangan ,bahwa guru sudah menunjukkan kinerja maksimal didalam
menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendidik,pengajar dan pelatih.Akan tetapi masih ada sebagian guru yang
belum menunjukkan kinerja baik,tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja guru
secara makro
Sejak tahun tahun 2007 SMP N 1 Hulu Sungkai sudah menggunakan KTSP
yang dibuat oleh seluruh warga sekolah.Dalam struktur KTSP itu termuat mata
pelajaran Matematika dengan jumlah 6 jam pelajaran setiap minggunya.Dalam
dokumen 1 KTSP telah dilengkapi dengan hari efektif dan disesuaikan dengan
dokumen 2 telah memuat Silabus,RPP Berkarakter setiap mata pelajaran secara
lengkap termasuk mata pelajaran Matematika.Adapun mempengaruhi aktifitas
belajar Matematika pada SMP N
1 Hulu Sungkai diantaranya
adalah meningkatnya aktivitas belajar siswa,interaksi antar siswa dengan
siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi
siswa,pemenuhan tugas siswa.
B.Identifikasi masalah
Berdasarkan uraian pada latar
belakang masalah diatas,maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut:
1.
Apakah
Model Pembelajaran kooferatif tife STAD
dapat meningkatkan hasil belajar
matematika di kelas VIII A
SMPN 1 Hulu Sungkai kabupaten
Lampung Utara tahun 2012 ?
2. Apakah
model pembelajaran
kooferatif tife STAD dapat
meningkatkan interaksi antar siswa dengan siswa dalam pembelajaran
Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Hulu Sungkai kabupaten Lampung Tahun
2012?
3. Apakah model pembelajaran kooferatif tife
STAD dapat meningkatkan
interaksi antar siswa dengan guru dalam pembelajaran Matematika di kelas
VIII A
di
SMP Negeri 1 Hulu Sungkai
kabupaten Lampung Tahun 2012?
4. Apakah model pembelajaran kooferatif tife
STAD dapat meningkatkan
kerja sama dalam pembelajaran Matematika
di kelas VIII A pada siswa kelas di SMP Negeri 1 Hulu Sungkai kabupaten Lampung Tahun
2012?
5. Apakah
Model Pembelajaran kooferatif tife STAD
dapat meningkatkan prestasi belajar matematika di kelas VIII A SMPN 1 Hulu Sungkai kabupaten Lampung Utara tahun
2012 ?
6. Apakah model pembelajaran kooferatif tife STAD
dapat meningkatkan pemahaman matematika di kelas VIII A SMPN 1 Hulu Sungkai kabupaten Lampung Utara tahun
2012 ?
C.Rumusan Masalah.
Berdasarkan
evaluasi diri sekolah,baik Ujian Nasional dan Ujian Sekolah pada tahun lalu
diperoleh nilai rata-rata belajar yang kurang memuaskan.Sehingga penulis
tertarik untuk melakukan penelitan dengan judul” MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOFERATIF
TIFE STAD SISWA KELAS VIII A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 HULU SUNGKAI TAHUN
2012
D. Tujuan
Penelitan Tindakan Kelas (PTK).
Tujuan Penelitan
Tindakan Kelas (PTK) ini adalah sebagai berikut:
1.Meningkatkan
hasil belajar Matematika pada siswa
2.Meningkatkan
interaksi antar siswa dengan siswa dalam belajar Matematika
3.Meningkatkan
interaksi antar siswa dengan guru dalam belajar Matematika
4 Meningkatkan
kerjasama belajar Matematika pada siswa
5.Meningkatkan
prestasi belajar Matematika pada siswa
6
Meningkatkan pemahaman tugas belajar Matematika pada siswa
E.Manfaat Penelitaian Tindakan Kelas (PTK)
Diharapkan penelitian tindakan kelas ini dapat bermanfaat bagi lingkungan pendidikan terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara beserta jajaranya dapat memfasilitasi work shop baik tingkat kabupaten maupun kecamatan untuk melakukan Penelitaian Tindakan Kelas (PTK),sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa,interaksi siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,dan pemenuhan tugas siwa di SMP Kabupaten Lampung Utara terutama pada SMP Negeri 1 Hulu Sungkai.
Diharapkan penelitian tindakan kelas ini dapat bermanfaat bagi lingkungan pendidikan terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara beserta jajaranya dapat memfasilitasi work shop baik tingkat kabupaten maupun kecamatan untuk melakukan Penelitaian Tindakan Kelas (PTK),sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa,interaksi siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,dan pemenuhan tugas siwa di SMP Kabupaten Lampung Utara terutama pada SMP Negeri 1 Hulu Sungkai.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
A.Pembelajaran Matematika di SMP N 1 Hulu Sungkai
Dalam pembelajaran seringkali kelas didomInasi oleh kelompok atas, sedangkan
kelompok menengah apalagi kelompok tidak begitu nampak perannya dalam pembelajaran.
Guru yang baik akan berusaha untuk melibatkan ketiga kelompok ini untuk ikut
serta dalam proses pembelajaran. Berbagai cara dapat ditempuh baik melalui
pengajuan pertanyaan secara langsung, menyusun stategi pembelajaran yang
melibatkan seluruh kelompok siswa dalam kelas. Cara yang terakhir ini
seringkali lebih efektif karena melibatkan seluruh anggota kelompok dalam
kegiatan pembelajaran.
Pembelajaran kooperatif pada dasarnya adalah metode pembelajaran dengan
menempatkan siswa dalam kelompok kemampuan anggota heterogen dan memberi
penghargaan terhadap usaha dan keberhasilan kelompok, bukan pada perorangan.
Gambaran umum dari pembelajaran kooperatif (Arends : 285) adalah sebagai
berikut :
1.
Siswa secara kooperatif bekerja dalam kelompok
untuk menguasai materi.
2.
Kelompok tersusun atas siswa dengan kemampuan
tinggi, sedang, dan rendah.
3.
Sistem penghargaan berorientasi pada kelompok,
bukan perorangan.
4.
Bilamana mungkin memperhatikan ras, budaya, dan
jenis kelamin siswa.
Ada beberapa tipe
pembelajaran kooperatif seperti Student Team Achievement Division (STAD), Jigsaw, Team Games
Tournament (TGT). STAD merupakan tipe yang paling sederhana. Dan mudah
dilaksanakan serta pendekatan secara langsung. STAD dapat diterapkan untuk
berbagai mata pelajaran. Guru menentukan 2 – 6 siswa dalam kelompok berdasarkan
jenis kelamin, kemampuan akademik, dan ras atau suku. Guru dapat memberikan
materi secara langsung melalui presentasi untuk memberikan materi baru, melalui
Lembar Kerja Siswa, atau bentuk penugasan. Kelompok berusaha bersama-sama
saling menolong menguasai materi melalui tutorial, bertanya jawab, atau diskusi. Secara perseorangan siswa
diberikan kuis tanpa boleh saling membantu antar anggota kelompok. Kuis
tersebut diskors kemudian lembar jawab diberikan pada siswa. Peningkatan skor
dilihat dari prestasi rata – rata sebelumnya.. kemudian diumumkan kelompok yang
memiliki skor tertinggi (Arends : 119;Slavin : 71 – 72).
Kelebihan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah :
1. Relatif
mudah penyelenggaraannya
2. Meningkatkan
keakraban antar siswa
3. Meningkatkan
kemampuan anak kelompok bawah dengan relatif cepat.
4. Siswa
kelompok atas akan berusaha belajar lebih baik agar dapat mengangkat citra
kelompok.
5. Memotivasi
siswa kelompok bawah agar ikut berperan mengangkat citra kelompok.
6. Melatih
anak untuk bekerjasama dan saling menolong dalam kelompok
Istilah dalam bahasa inggris adalah Classroom Action Research (CAR).Dari
namanya sudah menunjukkan isi yang terkandung didalamnya,yaitu sebuah kegiatan
yang dilakukan dikelas.Dikarenakan ada tiga kata yang membentuk pengertian
tersebut,maka ada tiga pengertian yang didapat.
a. Penelitan
- menunjuk pada suatu kegiatan
mencermati suatu objek dengan menggunakan cara dan aturan metodelogi tertentu
untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu
suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti
b. Tindakan
– menunjujk pada suatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan
tertentu.Dalam kegiatan berbentuk rangkaian siklus kegiatan untuk siswa.
c. Kelas
– dalam hal ini tidak terikat pada pengertian ruang kelas ,tetapi dalam
pengertian yang lebih spesifik.Yang sudah lama dikenali dalam bidang pendidikan
dan pengajaran,yang dimaksud dengan istilah kelas adalah kelompok siswa yang
dalam waktu yang sama,menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula
(suharsimi ,dkk.2001:2).
B. Aktivitas Belajar.
Belajar adalah aktivitas siswa yang
merupakan salah satu faktor yang penting dalam proses pendidikan.
Dalam penelitian tindakan
kelas,belajar diartikan sebagai perubahan yang timbulkan oleh pengalaman baru
yang mempengaruhi tingkah laku siswa dalam situasi tertentu,sebagai pengalaman
yang baru yang diharapkan antara lain dari pembelajaran yang didominasi oleh
guru menjadi pembelajaran yang melibatkan siswa aktif berinteraksi antara
sisswa dengan siswa maupun siswa dengan guru.
C..Model Pembelajaran
Selama ini model pembelajaran yang
diterapkan di SMP N 1 Hulu
Sungkai terutama
mata pelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran yang sifatnya ceramah.Oleh sebab
itu peneliti akan menggunakan model pembelajaran kooferatif tife STAD,yang diharapkan
dapat meningkatkan aktivitas belajar,interaksi siswa dengan siswa,interaksi
siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,dan pemenuhan tugas
siswa pada kelas VIII A di SMP N.
1 Hulu Sungkai
D. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
Karena data-data yang ingin
dikumpulkan adalah meningkatkan aktivitas belajar,interaksi siswa dengan
siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,dan pemenuhan
tugas siswa pada kelas VIII A di SMP
N. 1 Hulu Sungkai
Maka dari itu peneliti menggunakan pembelajaran kooferatif tife STAD
Adapun tahapan penelitian ini
menggunakan model pembelajaran
kooferatif tife STAD penelitian tindakan sebagai berikut (suharsimi,dkk.2001:17):
1. Tahap
Rancangan Tindakan (Planning)
Dalam
tahap ini menjelaskan tentang apa,mengapa,kapan,dimana,oleh siapa,dan bagaimana
tindakan tersebut dilakukan .Penelitian tindakan yang ideal sebetulnya
dilakukan secara berpasangan antara pihak melakukan tindakan dan pihak yang
mengamati proses jalannya tindakan.
2. Tahapan
Pelaksanaan Tindakan (Acting)
Tahap
kedua dari penelitian tindakan adalah pelaksanaan yang merupakan implementasi
atau penerapan isi rancangan,yaitu mengenai tindakan dikelas
3. Tahap
Pengamatan (Observing)
Tahap
ketiga yaitu kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh pengamat.
4. Tahap
Refleksi (Reflecting)
Tahap
keempat merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah dilakukan
.
BAB
III
METODE
PENELITIAN
A.Setting
1.Tempat
dan waktu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tempat setting pada penelitian ini
adalah SMP N 1 Hulu Sungkai Kabupaten
Lampung Utara.Adapun waktu penelitian selama
3 bulan
dari tanngal 22
Agustus sampai
dengan 22
Oktober
2012
2.Observer
Observer pada Penelitian Tindakan Kelas
ini saya sangat di bantu satu
orang
guru yaitu Jaja Sutrisna,S.Pd
dengan alasan untuk membantu,mempermudah dan tercapainya objektivitas dalam
penelitian ini.
3.Rancangan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Rancangan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK),dilakukan dengan 2 siklus masing-masing siklus
yaitu :
a.Siklus
1 terdiri dari pertemuan 1,pertemuan 2,pertemuan 3
b.Siklus
2 terdiri dari pertemuan 4,pertemuan 5,pertemuan 6
Untuk
lebih jelasnya dapat dilihat pada jawal tabel berikut:
Tabel.1Jadwal
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
NO
|
Hari/Tanggal
|
Siklus
|
Pertemuan
|
Materi
|
Waktu
|
1.
|
Rabu
5 September 2012
|
1
|
1
|
2 Jam
|
|
2.
|
Kamis
6 September 2012
|
2
|
2 Jam
|
||
3.
|
Selasa
11 September 2012
|
3
|
2 Jam
|
||
4.
|
Rabu
12 September 2012
|
2
|
4
|
2 Jam
|
|
5.
|
Kamis
13 September 2012
|
5
|
2 Jam
|
||
6
|
Selasa
18 September 2012
|
6
|
2 Jam
|
B.Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII A,yang terdiri dari laki-laki
13
orang ,perempuan 17
orang jumlah keseluruhan 30
siswa,dipilih kelas ini subjek penelitian karena dapat mewakili kelas
yang lain dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar Matematika
C.Sumber Data
Adapun sumber data dalam penelitian
ini adalah :
1.Aktivitas
belajar siswa yang meliputi :
a.Interaksi antara siswa dengan
siswa
b.Interaksi antara siswa dengan guru
c.Kerjasama antar siswa
d.Prestasi siswa
e. pemahaman dan
tugas siswa
kelas VIII A di SMP Negeri
1 Hulu
Sungkai
2.Hasil
belajar siswa
Hasil belajar siswa ini diperoleh
dari hasil tes secara individu terhadap materi yang disampaikan.
3.Hasil
kerja kelompok siswa
Hasil kerja kelompok siswa diperoleh
dari hasil kerja setiap kelompok sesuai dengan materi yang dipelajari.
D.Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data pada
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini adalah sebagai berikut :
1. Observasi
Untuk
mendapatkan data aktivitas belajar dengan menggunakan tabel sebagai berikut:
Tabel
2. Data Aktivitas Belajar Siswa
NO
|
Aktivitas
|
Skor
|
||
A
|
B
|
C
|
||
1.
|
Meningkatkan aktivitas belajar siswa
|
|||
2.
|
Interaksi
antara siswa dengan siswa
|
|||
3
|
Interaksi
antara siswa dengan guru
|
|||
4
|
Kerjasama
antar siswa
|
|||
5
|
Prestasi
siswa
|
|||
6
|
pemenuhan
tugas siswa
|
|||
Jumlah
|
Ket
: A = Amat Baik
B = Baik Hulu Sungkai,
September 2012
C = Cukup Observer
Jaja Sutrisna.S.Pd NIP. 196911011994041001
2.
Test
Test
dilaksanakan pada akhir pertemuan dalam bentuk essay dan hasil tes dapat
dilihat pada tabel sebagai berikut:
Tabel.3
Nilai Test siswa
NO
|
Nama
|
Nilai
|
KKM
|
Keterangan
|
1
|
ANNIAH
|
|||
2
|
BAMBANG MARYOKO
|
|||
3
|
DANIL JULISAR
|
|||
4
|
DEGGI JUNIANSYAH
|
|||
5
|
DWI SAPITRI
|
|||
6
|
DIKI IRHAMSYAH
|
|||
7
|
DWI LESTARI
|
|||
8
|
EKA YULIANA
|
|||
9
|
EMILINDA KONTESA
|
|||
10
|
FATUR RISKI
|
|||
11
|
FIRDA MARGARETA
|
|||
12
|
ILUH PUTU EVITA RANI
|
|||
13
|
IQBAL SANDI
|
|||
14
|
JANARIAH
|
|||
15
|
JUWITA MARYANI
|
|||
16
|
LILIS PRANITA
|
|||
17
|
MERIZA
|
|||
18
|
MUHAMAD RIDHO ALHARIS
|
|||
19
|
PUTRI APRILIYANTI
|
|||
20
|
RENDI ERLANDA
|
|||
21
|
RUDI MULYADI
|
|||
22
|
SABANI SUHUT
|
|||
23
|
SARINAH
|
|||
24
|
SERLY APRILIA
|
|||
25
|
SHINTA MARYANI
|
|||
26
|
SONY PARLINDUNGAN
|
|||
27
|
SUWANDI
|
|||
28
|
TOBI
ABDUL ROSID
|
|||
29
|
TRI
INDAH AGUSTINA
|
|||
30
|
TRIA NINGSIH
|
|||
JUMLAH
|
Guru
Mata Pelajaran
Ambon Ariana,S.Ag NIP.197708302006042014
3.
Penilaian Portofolio ( Kerja kelompok )
Untuk
menihat hasil kerja kelompok siswa dapat dilihat pada tabel sebagai berikut
Tabel
.4 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok )
NO
|
Aktivitas
|
Skor
|
||
A
|
B
|
C
|
||
1.
|
Ketepatan
waktu
|
|||
2.
|
Keberanian
|
|||
3.
|
Kemampuan
|
|||
4.
|
Tanggung
jawab
|
|||
Jumlah
|
Ket
: A = Amat Baik
B = Baik Hulu Sungkai, September 2012
C = Cukup Observer
Jaja Sutrisna.S.Pd NIP. 196911011994041001
DAFTAR PUSTAKA
Al Barry, M Dahlan.2004.” KAMUS ILMIAH POPULER
“ Arloka : Surabaya.
Arikunto,Suharsimi.dkk.2010 “ PENELITIAN
TINDAKAN KELAS “.PT.Bumi Aksara : Jakarta.
Budiman,Dasim.Dkk.2009.”PAKEM Pembelajaran Aktif,Kreatif,Efektif,dan
Menyenangkan”.PT.Ganesindo : Bandung.
Nasution.2009.”BERBAGAI PENDEKATAN dalam PROSES
BELAJAR & MENGAJAR”.PT.Bumi Aksara : Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar