(Proposal PTK )
MENINGKATKAN PRETASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VII C SMPN 1
ABUNG SURAKARTA 2012
Oleh :
S O B A R.S,Pd
Nip 196511251988031004
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN
LAMPUNG UTARA
SMPN 1 ABUNG SURAKARTA
TAHUN 2012
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Sejak tahun 2007
SMPN 1 Abung Surakarta sudah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (
KTSP ) yang dibuat oleh warga sekolah. Di dalam struktur Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan ( KTSP ) termuat mata pelajaran Matematika dengan jumlah jam
peminggunya 6 jam pelajaran,@ =40 menit. Pada Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan salah satu tujuan mata pelajaran Matematika adalah agar siswa
memiliki kemampuan memahami konsep Matematika,menjelaskan keterkaitan antar
konsep,dan mengaplikasikan konsep,atau algoritma secara
luwes,akurat,efisien,dan tepat dalam pemecahan masalah.
Dalam melaksanakan
tugasnya sebenarnya guru di SMPN 1 Abung Surakarta sudah menunjukkan kinerja
yang maksimal sebagaimana fungsinya sebagai pendidik,pengajar,dan melatih
siswa. Hal ini dapat ditujukkan pada saat mengajar guru sudah menggunakan
metode yang bervareasi,menggunakan media,atau alat praga yang sesuai dengan
materi yang disampaikan,dengan harapan
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya terhadap pelajaran
Matematika. Akan tetapi Matematika bukan pelaran yang mudah untuk dipahami atau
dipelajari. Pernyataan ini dapat dilihat dari hasil ungan harian maupun ulangan
umum semester 70 % siswa masih mendapat nilai di bawah KKM yang telah
ditentukan.
Untuk meningkatkan
prestasi belajar seperti yang diharapkan,tentunya seorang guru dituntut agar
dalam melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model-model pembelaran
dimana siswa terlibat secara akatif,sehingga terjadi interaksi antara siswa
dengan siswa,siswa dengan guru,dengan katalain pembelajarannya tidak dikuasai
oleh guru.Diantara model-model pembelajaran,salah satunya adalah model
pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari uraian di atas penulis merasa tertarik
untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas . Pada Penelitian Tindakan Kelas ini
yang akan penulis jadikan obyek adalah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe
STAD untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII C SMPN 1
Abung Surakarta 2012.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan dari
uraian latarbelakang di atas,maka penulis dapat mengidentifikasi masalah
sebagaiberikut :
1. Apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
interaksi antara siswa dengan siswa dalam belajar Matematika siswa kelas VII C
SMPN 1 Abung Surakarta2012?
2. Apakah Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
interaksi antara siswa dengan guru dalam belajar Matematika siswa kelas VII C
SMPN 1 Abung Surakarta 2012?
3. Apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
aktivitas belajar Matematika sisiwa kelas VII C SMPN 1 Abung Surakarta 2012?
4. Apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
prestasi belajar Matematika siswa kelas VII C SMPN 1 Abung Surakarta2012?
C. Rumusan Masalah.
Berdasarkan
identifikasi masalah di atas,penulis dapat merumuskan masalah sebagaiberikut : Apakah pembelajaran kooperatif dapat
meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII C SMPN 1 Abung
Surakarta 2012?
D.Tujuan dan Manfaat
Penelitian
1. Tujuan Penelitian
a.Meningkatkan interaksi
antara siswa dengan siswa dalam belajar Matematika
b.Meningkatkan interaksi
antara siswa dengan guru dalam belajar Matematika
c.Meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam belajar Matematika
d.Meningkatkan prestasi
belajar Matematika siswa
2. Manfaat Penelitian
a.Diharapkan Penelitian
Tindakan Kelas ( PTK ) ini bermanfaat bagi sekolah dalam usaha meningkatkan
prestasi belajar Matematika siswa melalui kolaborasi guru-guru dalam satuan
Penelitian Tindakan Kelas.
b.Diharapkan Penelitian
Tindakan Kelas ( PTK ) ini bermanfaat bagi guru dalam inovasi pembelajaran,dan
peningkatan profesionalisme guru.
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
A.
Pembelajaran Matematika
Skinner berpendapat bahwa belajar
adalah suatu prilaku. Pada saat orang belajar maka responnya menjadi baik,dan
sebaliknya bila tidak belajar responnya menjadi menurun. Sedang menurut Gigne
belajar adalah proses kognitif yang mmengubah sifat stimulasi
lingkungan,melawati pengolahan informasi,menjadi kapasitas baru. (
Dimyati,2002:10 ). Menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan
berusaha supaya mendapat kepandaian ( Purwadarminta :109 ).
Dari pendapat di atas dapat
disimpulkan belajar adalah usaha yang dilakukan oleh guru terhadap siswa ,agar
siswa dapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanyayang dalam hal ini
pelajaran Matematika.
B.Penilaian
Pembelajaran Matematika
Penilaian merupakan rangkaian
kegiatan untuk memperoleh ,menganalisis,dan menafsirkan data tentang proses dan
hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan
berkesinambungan,sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan
keputusan. Penilaian dalam KTSP adalah berbasis kompetensi,yaitu bagian dari
kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk mengetahui pencapaian kompetensi
siswa yang meliputi pengahuan,ketrampilan,dan sikap.
Ada beberapa prinsip yang harus
diperhatikan dalam penilaian hasil belajar siswa,antara laian :
1. Penilain ditujukkan
untuk mengukur pencapaian kompetensi
2.Penilaian dilakukan
secara menyeluruh dan berkelajutan
3. Hasdil penilaian
ditindak lanjuti dengan program remedial bagi siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan
4. Penilaian harus sesuai dengan kegiatan
pembelajaran
C.
Penilaian Kerja Kelompok
Untuk melukan penilaian terhadap
kerja kelompok seorang guru harus menggunakan dua kriteria penilaianl,yaitu
penilaian pengamatan kerja kelompok dan penilaian hasil kerja kelompok. Untuk
mendapatkan data yang obyektif terhadap penilaian pengamatan kerja kelompok seorang guru harus
dibantu oleh satu atau dua orang observer,karena yang diamati aktivitas siswa
dalam kelompok. Adapun aktivitas siswa yang diamati diantaranya;interksi antara
siswa dengan siswa, interaksi antara siswa dengan guru,pemahaman tugas,dan
keberanian bertanya. Sedangkan penilaian hasilkerja kelompok ,beberapa aspek
yang dinilai antaralain;kerapian,kebenaran jawaban,kerja sama,dan tanggung
jawab.
D.
Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif merupakan
pembelajaran yang sistematis dengan mengelompokkan siswa yang bertujuan untuk
melakukan pendekatan pembelajaran yang efektif agar dapat memaksimalkan
kegiatan belajarnya. Menurut ( Anita Lie,1999 ) beberapa manfaat proses
pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut :
1). Siswa dapat
meningkatkan kerja sama.2)Siswa lebih banyak mempunyai kesempatan untuk
menghargai pebedaan. 3) Partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.4)
Mengurangi kecemasan siswa, 5) Meningkatkan motivasi,harga diri dan sikap
positif. 6) Meningkatkan prestasi akademik.
Beberapa tipe dalam model
pembelajaran kooperatif yang telah dikembangkan adalah STAD ( Student Teams
Achievment Divisions ). Tipe STAD
dikembangkan oleh Robert Slavin dan temannya di Universitas John Hopkin. STAD
merupakan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana . Dalam pelaksanaannya
siswa dikelompokkan 4-5 orang dalam setiap kelompoknya. Setiap kelompok harus
heterogan terdiri dari laki-laki dan
perempuan,berasal dari berbagai suku,meiliki kemempuan tinggi,sedang,dan
rendah. Setiap anggota kelompok saling membantu satu sama lain untuk memehami
materi pelajaran. Selanjutnya secara individual setiap minggu atau dua minggu
sisw diberi kuis atau postes. Hasil kuis diberi skor dan dibandingkan dengan
dengan skor dasar untuk menentukan skor peningkatan individu dan skor kelompok.
Ada lima komponen utama dalam
pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu :
1 ) Presetasi kelas.
2) Kerja kelompok. 3) Kuis. 4) Peningkatan nilai individu. 5) Penghargaan
kelompok.
BAB III. METODOLOGI PENELITIAN
A.
Setting
1.Tempat
dan waktu penelitian
Penelitian ini dilaksakan di SMPN 1
Abung Surakarta,Tatakarya,kecamatan Abung Surakarta,kabupaten Lampung Utara. Adapun
waktu penelitian adalah 3 bulan ,dimulai bulan September2012 sampai dengan
bulan Oktober 2012.
2.
Observer pada penelitian ini adalah dua orang guru,yaitu : Yulliani,S.Pd,dan
Trapsilo,S.Pd dengan alas an keduanya bersedia untuk membatu dalam pelaksanaan
penelitian.Dengan dibantu oleh dua orang observer akan mempermudah didalam
melakukan pengamatan ,sehingga akan diperoleh data yang lebih obyektiv.
3.Rancangan
penelitia.
Penelitiani ini akan dilaksakan 2
siklus,yaitu :
a.Siklus
pertama terdiri dari pertemuan 1,pertemuan 2,dan pertemuan 3.Masing-masing
pertemuan terdiri dari 4 tahapan,rancangan,tindakan,observasi,dan refleksi.
b.
Siklus kedua terdiri dari pertemuan 4,pertemuan 5,dan pertemuan 6.Masing-masing
pertemuan juga terdiri dari 4 tahapan seperti di atas.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat
pada tebel berikut ini:
Tabel
1.Jadwal Penelitian Tindakan Kelas
No
|
Hari/Tgl
|
Siklus
|
Pertemuan
|
Materi
|
Alokasi waktu
|
1
|
|
1
|
1
|
|
|
2
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
2
|
4
|
|
|
5
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
6
|
|
|
B. Subyek
penelitian
Pada penelitian ini penulis
mengambil subyek siswa kelas VII C SMPN 1 Abung Surakarta.Jumlah siswa kelas
VII C adalah 31 orang, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 26 siwa
perempuan.Alasan penulis mengadakan penelitian di kelas VII C adalah kerena
terdiri dari siswa-siswa yang heterogen ,disisi lain kerena penulis mengajar di
kelas tersebut.Jadi selama penulis mengadakan penelitian tidak ada pihak lain
yang dirugikan
C.Sumber
Data
Sumber data pada penelitian adalah sebagai berikut :
1.Aktivitas belajar
siswa yang meliputi:
a. Interaksi antara siswa dengan siswa
b.Interaksi antara siswa dengan guru
c.Kerja sama kelompok
d.Pemenuhan tugas siswa
2.Hasil belajar siswa
Prestasi belajar siswa diporeleh dari hasil tes secara
individual terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan.Tes individual
pelaksanaannya setelah masing-masing siklus selesai dilaksanakan.
3.Hasil kerja kelompok
Hasil kerja kelompok diperoleh dari hasil setiap kegiatan
siswa dalam kelompokterhadap materi yang dipelajarinya.
D.Tekni
pengumpulan data.
Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian adalah
sebagai berikut :
1.Data Observasi
Untuk mendapatkan data aktivitas belajar penulis
menggunakan tabel sebagai berikut :
Tabel.2. Data Aktivitas
Belajar Siswa
No
|
Aktivitas Belajar siswa
|
Skor
|
||
A
|
B
|
C
|
||
1
|
Interaksi
siswa dengan siswa
|
|
|
|
2
|
Interaksi
siswa dengan guru
|
|
|
|
3
|
Keberanian
bertanya
|
|
|
|
4
|
Pemahaman
tugas
|
|
|
|
Keterangan:
A = Amat baik
B = Baik
C = Cukup
Tatakarya, September 2012
Observer
3. Prestasi belajar siswa
Untuk mengetahui prestasi belajar
siswa dapat digunakan tabel sebagai berikaut :
Tabel.3.Tabel
prestasi belajar siswa
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
KKM
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Tatakarya, September 2012
Guru Mata Pelajaran
4.Penilaian
Kerja Kelompok
Untuk mengetahui hasil kerja
kelompok dapat dilihat dengan menggunakan tabel sebagai berikut :
Tabel.4.
Penilaian Kerja Kelompok
Nama
Kelompok :
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
||
A
|
B
|
C
|
||
1
|
Kerapian
|
|
|
|
2
|
Kebenaran
jawaban
|
|
|
|
3
|
Kerja
sama
|
|
|
|
4
|
Tanggung
jawab
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Keterangan:
A = Amat baik C = Cukup
B = Baik
Tatakarya, September 2012
Observer
DAFTAR
PUSTAKA
As’ari,Abdurrahman.2000.Pembelajaran
Matematika yang Demokratis.(makalah).FMIPA
UM,Malang
Depdiknas.2002.Ringkasan Penilaian Berbasis
Kelas.Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas
Ibrahim,Muslimin;Fida Rachmadiarti;Mohamad
Nur;Ismono.2000.Pembelajaran Kooperatif.PSMS,Program pasca
Sarjana.Surabaya:UNESA-Universty Press.
Ibrahim,
Muslimin;Fida Rachmadiarti;Mohamad Nur,Ismono.2000
Pembelajaran
Kooperatif.PSMS,Program Pasca Sarjana.Surabaya:UNESA-University Press
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMPN 1 Abung
Surakarta
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Standar
Kompetensi : Memehami bentuk
aljabar,persamaan dan pertidaksamaan linier
Satu
vareabel
Kompetensi
Dasar : Melakukan operasi pada
bentuk aljabar
Indikator : 1. Menyelesaikan opersi
penjumlahan pada bentuk aljabar
2. Menyelesaikan operasi pengurangan
pada bentuk aljabar
Waktu : 2 jam pelajaran
A. Tujuan
pembelajaran
1. Siswa dapat menyelesaikan operasi
penjumlahan bentuk aljabar
2. Siswa dapat menyelesaikan operasi
pengurangan bentuk aljabar
B. Materi
Pembelajaran
Operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar
Penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
pada dasarnya adalah mengumpulkan suku-suku yang sejenis
Contoh
:
1.
a. 8a + 5a = ( 8 + 5 )a
b. 10p + 5 – 4p = 10p -4p +5
= 13a =
( 10 – 4 )p + 5
= 6p + 5
2.Tentukan hasil penjumlahan 2p + 5 dan 3p + 7
3. Kurangkan 2a +3 dari 5a + 8
Jawab: 2p + 5 dan 3p + 7 = 2p + 5 + ( 3p + 7 ) Jawab : 5a + 8 – ( 2a + 3 )
= 2p + 5 + 3p + 7 5a
+ 8 – 2a - 3
= 2p + 3p + 5 + 7 5a
– 2a +8 -3
= ( 2 + 3 )p + 12
( 5 – 2 )a + 5
= 5p + 12 3a + 5
C. Metode
Pembelajaran
Kooperatif tipe STAD
D.Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
Buku paket Matematika
kelas VII,dan refrensi lain
Alat
:
Laptop
E. Langkaih-langkah
Kegiatan
Pendahuluan
: - Menyampaikan salam
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran
- Apersepsi :
Mengingat kembali operasi hitung bilangan bulat
- Motivasi : Memberikan rangsangan berupa pertanyaan
kepada siswa
Tentang operasi hitung bilangan bulat
Kegiatan Inti
1. Siswa dikondiskan dalam kelompok,masing-masing kelompok terdiri
darian 4-5 orang
2. Guru menjelaskan maksud
pembelajaran dan tugas kelompok
3. Guru membagikan LKS pada masing-masing kelompok
4. Masing-masing kelompok memperhatikan penjelasan guru dalam memberikan
contoh
menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
5. Masing-masing kelompok berdiskausi menyelesaikan soal di LKS
6. Setelah selesai diskusi masing-masing juru bicara kelompok
mempersentasikan hasil
diskusi kelompoknya
7. Guru memberikan penjelasan singkat dan sekaligus memberikan
kesimpulan
8. Evaluasi
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman
2. Sebagai tindak lanjut siswa diberi pekerjaan rumah (PR )
F.penilaian
1.Observasi
kegiatan proses belajar
Adalah melakukan
pengamatan terhadap keaktivan siswa dalam proses belajar,dengan menggunakan
format observasi
2. Tes Formatif
Bentuk instrumen
: Uraian singkat
1. Tentukan
hasil jumlah dari :
2a + 7 dan 3a + 3
2. Kurangkanlah
:
3a + 5 dari 5a +8
TK Ranah
|
Kunci Jwaban
|
Skor
|
C2
|
2a +7 dan 3a +3 = 2a +7 + ( 3a + 3 )
= 2a + 7 + 3a +
3
= 2a + 3a +7 + 3
= 5a + 10
|
2
|
C2
|
3a + 5 dari 5a + 8 = 5a + 8 – (3a + 5
)
= 5a + 8 - 3a -5
= 5a -3a +8
-5
= 2a + 3
|
2
|
LEMBAR
KERJA SISWA
(LKS)
Nama
Kelompok :
Nama Siswa :
1.
…………………
2.
…………………
3.
…………………
4.
………………..
5.
………………..
1. Lengkapilah !
a. 8k + 7k = ( … + … )k
b. 10p – 7p = ( … - … )p
c. ay – by = ( … - … )y
2. Tentukan hasil jumlah dari 4a + 1
dan 3a + 4
3. Kurangkanlah 5p + 2
dari 8p +12
Mengetahui Tatakarya,
November 2012
Kep.SMPN 1 Abung Surakarta Penulis
PTK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar