PROPOSAL
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI
PENGGUNAAN CD INTERAKTIF SISWA KELAS VIII
SMP NEGERI 3
KOTABUMI
TAHUN
2012
Disusun oleh :
ASNI
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 3 KOTABUMI
2012
Kata Pengantar
Alhamdulillah, berkat rahmat-Nya,
penulis dapat menyelesaikan penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas ini
dengan baik.
Kegiatan penelitian ini penulis lakukan
dengan tujuan untuk meningkatkan keprofesionalan guru dalam mengelola kelas.
Melalui penelitian ini juga diharapkan guru mendapatkan suatu nilai tambah
dalam meningkatkan kemampuan intelektualitas, serta akan mendukung terbentuknya
jajaran guru yang berwawasan dan berintegritas terhadap profesinya sendiri.
Kegiatan ini akan melibatkan
berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak. Atas bantuan tersebut penulis
haturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Semoga bantuan
dan dukungan yang Bapak/Ibu berikan, mendapat imbalan yang setimpal dari-Nya.
Penulis
telah berusaha semaksimal mungkin dalam menyusun proposal ini, namun karena
kenisbian penulis sangat tidak tertutup akan adanya kekurangan dalam teknis dan
skema serta logika penuangan ide pada penulisan ini. Untuk ini penulis dengan
segala kerendahan hati mohon kritik, saran dan tegur sapa.
Kotabumi,
19 November 2012
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
Halaman Judul
Halaman pengesahan
Kata Pengantar
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN 1
A.
Latar Belakang Masalah 1
B.
Identifikasi Masalah 2
C.
Rumusan Masalah 3
D.
Tujuan Penelitian 3
E.
Manfaat Penelitian 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA 5
A.
Pembelajaran Matematika 5
B.
Hasil Belajar 5
C.
CD Interaktif 6
BAB III METODELOGI PENELITIAN 9
A.
Setting 9
B. Subyek
Penelitian 11
C.
Sumber Data 11
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Pelajaran matematika
merupakan pelajaran yang di berikan disetiap jenjang pendidikan, baik
pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. Demikian juga di SMP
Negeri 3 Kotabumi pelajaran matematika di berikan sesuai dengan kurikulum yang
berlaku yaitu KTSP. Di kelas VIII F siswa-siswa
mengikuti pelajaran matematika sesuai jadwal pelajaran.
Menurut catatan, Dengan
KKM 70 hasil ulangan harian siswa kelas VIII F yang berjumlah 34 siswa pada
semester ganjil tahun 2012 di SMP Negeri
3 Kotabumi menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajar atau mencapai KKM hanya 11 siswa dan yang tidak tuntas ada 23
siswa dengan kata lain siswa yang tuntas
belajar hanya 32,35% dan yang tidak tuntas belajar 67,65% . Dari data tersebut penulis ingin memperbaiki
pembelajaran matematika siswa agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan
Solusi yang digunakan
dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII F di SMP Negeri 3 kotabumi adalah dengan
menggunakan media pembelajaran CD
Interaktif,
CD Interaktif dalam pembelajaran
berfungsi untuk menyampaikan suatu
informasi yang diinginkan dalam beberapa aplikasi menarik. CD Interaktif memiliki
kelebihan-kelebihan pertama penggunanya
bisa berinteraksi dengan komputer karena dalam CD Interaktif terdapat menu-menu
khusus yang dapat diklik oleh penggunanya untuk memunculkan informasi berupa
audio, visual maupun fitur lain yang diinginkan oleh pengguna. Kemudian yang
kedua adalah menambah pengetahuan karena
materi pembelajaran dirancang kemudahannya dalam CD Interaktif bagi pengguna. Kelebihan ketiga adalah
tampilan audio visual yang menarik jika dibandingkan dengan media konvensional
seperti buku atau media dua dimensi lainnya. Kemenarikan di sini utamanya
karena sistem interaksi yang tidak dimiliki oleh media cetak (buku) maupun
media elektronik lain (film TV, audio).
Peningkatan
hasil belajar matematika melalui penggunaan CD Interaktif di harapkan dapat meningkatkan kemampuan
mencatat siswa, interaksi antar siswa, interaksi antara siswa dan guru,
ketelitian, menyimpulkan dan hasil
belajar matematika siswa.
Selain
itu juga diharapkan dapat meningkatkan kerapihan, kesesuaian dengan tugas,
kebenaran jawaban dan tanggung jawab siswa dalam kerja kelompok.
B.Identifikasi Masalah
Dari uraian latar belakang masalah di atas,
maka dapat di identifikasi masalahnya sebagai berikut :
1. Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan kemampuan
siswa untuk mencatat?
2. Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan interaksi
antara siswa?
3. Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan interaksi
antara siswa dengan guru?
4. Apakah dengan CD interaktif dapat meningkatkan ketelitian
siswa?
5. Apakah dengan CD interaktif dapat meningkatkan kemampuan
siswa untuk menyimpulkan?
6. Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa?
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas di dapat rumuskan masalah sebagai
berikut Apakah menggunakan CD
Interaktif dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 kotabumi semester ganjil
tahun 2012?
D. Tujuan Penilitian
Dengan menggunakan CD
Interaktif siswa di harapkan dapat:
1.
Meningkatkan kemampuan mencatat siswa kelas VIII F SMP Negeri 3
kotabumi tahun 2012
2.
Meningkatkan interaksi antar siswa kelas VIII F SMP 3 Negeri 3 kotabumi
tahun 2012
3.
Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru kelas VIII F SMP Negeri 3
kotabumi tahun 2012
4.
Meningkatkan ketelitian siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 kotabumi tahun 2012
5.
Meningkatkan kemampuan menyimpulkan siswa kelas VIII F SMP Negeri 3
kotabumi tahun 2012
6.
Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 3
kotabumi tahun 2012
E. Manfaat Penilitian
1. Manfaat Bagi Siswa
Melatih siswa agar dapat memanfaatkan informasi dengan baik
dan cepat seiring dengan perkembangan
IPTEK yang sangat pesat.
2. Manfaat Bagi Guru
Dapat meningkatkan
kinerja guru, dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK.
3. Manfaat Bagi Sekolah
Dapat memberikan
kontribusi dalam meningkatkan kwalitas sekolah.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
A. Pembelajaran Matematika
Pembelajaran
Matematika adalah Pembelajaran tentang gagasan / konsep serta hubungan yang ada
di antara gagasan atau konsep tersebut.
B. Hasil Belajar
Setiap saat manusia
selalu mengalami proses pembelajaran. Dalam proses belajar diharapkan akan
diperolah hasil belajar yang berupa perubahan tingkah laku baik dalam kognitif,
afektif maupun psikomotor. Dalam penilitian
Suroso(2001) ditulisakan bahwa seseorang dikatakan melakukan kegiatan
belajar, setelah ia memperoleh hasil yaitu terjadinya perubahan. Misalnya; dari
tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti.
Perubahan yang terjadi setelah
melaksanakan proses belajar merupakan hasil dari proses belajar itu
sendiri. Menurut Waluyo (2007:2.16) Hasil belajar adalah hasil prestasi yang
dicapai oleh peserta didik setelah melakukan proses belajar mengajar. Sedangkan
Sudiyarto dalam Waluyo (2007:2.14) menyebutkan bahwa hasil belajar adalah
tingkat penguasaan yang dicapai oleh
peserta didik dalam mengikuti
program belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan.
Hasil belajar itu sendiri adalah proses akhir dari
belajar yang digambarkan dengan nilai berupa angka atau simbol. Hal ini sesuai
dengan Good dalam Sukardi (2008:214) ”Grade adalah simbol (angka, huruf, atau
kata) yang menggambarkan nilai pertimbangan yang berkaitan dengan kualitas
peserta didik dalam berprestasi selama periode pelajaran”. Sehubungan dengan
pendapat ini, pendidikan akhirnya bertujuan untuk membimbing peserta didik
kearah kebebasan dan kemerdekaan, mengetahui yang baik dan yang buruk, dapat
melakukan pilihan apa yang dilakukannya dengan penuh tanggung jawab sebagai
hasil belajar, dan menentukan hasil belajar dengan bentuk huruf atau angka.
Hasil belajar dalam penelitian yang
dimaksudkan adalah skor yang diperoleh oleh peserta didik pada mata pelajaran
matematika dalam bentuk angka yang diberikan oleh guru setelah melaksanakan
tugas yang diberikan.
C. CD INTEERAKTIF
Dalam pembelajaran
matematika di perlukan wahana penyalur pesan atau informasi belajar, karena
dalam pembelajaran dapat terjadi salah komunikasi hal ini bisa di sebabkan
karena guru kurang mampu dalam menyampaikan informasi. Untuk menghindari
kemungkinan terjadinya salah komunikasi, maka diperlukan Media Pembelajaran
yang menurut Darhim (1993) berfungsi
·
Menghindari kesalahan
komunikasi
·
Meningkatan hasil
proses belajar mengajar
·
Membangkitkan minat
belajar
·
Menyajikan konsep
matematika yang abstrak kedalam bentuk kongkrit
·
Membantu daya ingat/
daya titik siswa
·
Melihat hubungan antara
konsep matematika dengan alam sekitarnya.
Juga
menurut Blacked an Horalse (1993) dikatakan bahwa media adalah saluran
komunikasi atau perantara yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan pesan
dimana perantara ini meerupakan jalan atau alat lalu lintas suatu pesan antara
komunikator dan komunikan.
Media
pembelajaran saat ini sudah semakin beragam, mulai dari media konvensional
seperti buku dan alat peraga tradisional sampai dengan media modern audio
visual berupa kaset tape, VCD (Video Compact Disk), maupun alat paraga modern
lainnya. Dengan beragam media tersebut, maka suatu sistem pembelajaran yang
dapat menghadirkan suasana menyenangkan mutlak diperlukan. Oleh karena itu
tidak salah jika CD Interaktif merupakan salah satu alternatif media yang dapat
menjawab kebutuhan tersebut.
CD
Interaktif merupakan sebuah media yang menegaskan sebuah format multimedia
dapat dikemas dalam sebuah CD (Compact Disk) dengan tujuan aplikasi
interaktif di dalamnya. CD ROM (Read Only Memory) merupakan
satu-satunya dari beberapa kemungkinan yang dapat menyatukan suara, video,
teks, dan program dalam CD (Tim Medikomp, 1994).
Menurut
praktisi media Augus Savara dalam program e-Lifestyle Metro TV, Sabtu 9
Agustus 2003, kelebihan CD Interaktif antara lain:
- Penggunanya bisa berinteraksi dengan program komputer
- Menambah pengetahuan. Pengetahuan yang dimaksud adalah materi pelajaran yang disajikan CD Interaktif
- Tampilan audio visual yang menarik
Di katakana juga oleh Suyanto (2003
: 18) keunggulan CD Interaktif dapat membantu mempertajam pesan yang
disampaikan dengan kelebihannya menarik indera dan menarik minat, karena
merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan (Suyanto, 2003: 18).
BAB
III
METODELOGI PENELITIAN
A.
Setting
1.
Tempat
Penelitian
ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kotabumi yang beralamat di jalan wredatama no 56 b tanjung aman kotabumi selatan
2.
Waktu
Penelitian ini dilaksanakan pada
semester ganjil tahun 2012 tepatnya dari bulan September 2012 sampai dengan
November 2012. Adapun rincian alokasi waktu di sajikan dalam tabel berikut ini
:
TABEL 1
ALOKASI WAKTU PENELITIAN
No
|
Uraian Kegiatan
|
Sep
|
Okt
|
Nov
|
1.
|
Menyusun Proposal PTK
|
√
|
|
|
2.
|
Menyusun Instrumen Penelitian
|
√
|
|
|
3.
|
Pengumpulan data dengan melakukan tindakan :
a.Siklus 1
b.Siklus 2
|
√
|
√
√
|
|
4.
|
Analisis Data
|
|
√
|
|
5.
|
Pembahasan / Diskusi
|
|
|
√
|
6.
|
Menyusun laporan Hasil Penelitian
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
3.
Observer
Observer
dalam penelitian ini adalah 2 orang guru yaitu ibu Gusdina safitri. S.Pd (guru
Matematika) dan Ibu Hanani,S.Pd (guru IPA), di pilih keduanya karena bersedia
menjadi observer. Tugas Observer adalah mengamati prilaku siswa dan sikap
selama proses pembelajaran berlangsung.
4.
Rancangan
Penelitian tindakan kelas ini
dilaksanakan dalam 2 siklus dan maing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan,
yaitu : perencanaan kegiatan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan
refleksi tindakan. Pada akhir setiap siklus siswa diberi tes untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa.
Siklus
1
a.
Perencanaan Tindakan
Ø Menyusun rencana pembelajaran serta skenario pembelajaran
Ø Menyusun instrumen penelitian
Ø Menyusun jadwal observasi
Ø Menyusun alat tes hasil belajar
Ø Menyusun jadwal refleksi dan cara-cara melakukan refleksi
b.
Pelaksanaan
Tindakan
Ø Melaksanakan rencana pembelajaran
Ø Guru memberikan tes
hasil belajar kepada peserta
didik secara individu
Ø Melaksanakan semua rencana tindakan seperti yang
ditentukan pada perencanaan
c.
Observasi Tindakan
Pengamatan pada
penelitian ini dilakukan oleh observer, yang dilakukan pada
saat
proses pembelajaran sedang berlangsung, dengan
menggunakan lembar
observasi
dan catatan lapangan yang telah disiapkan. Pengamatan
yang
dimaksud dalam
penelitian tindakan ini bukan hanya mengamati aktivitas
peserta didik
tetapi juga mengamati apa yang dilakukan oleh guru, dan hal-hal
yang terjadi pada
saat proses pembelajaran. Pada tahap ini dilakukan
pengamatan/observasi
untuk mendokumentasikan segala sesuatu
yang
berkaitan dengan
pelaksanaan tindakan.
d.
Refleksi Tindakan
Refleksi adalah
kegiatan menganalisis, memahami, membuat kesimpulan berdasarkan hasil
pengamatan. Refleksi dilakukan dengan menganalisis hasil tes, catatan lapangan,
dan
lembar observasi, yang digunakan sebagai dasar untuk
perbaikan siklus berikutnya
Siklus
2
Semua
rencana tindakan khususnya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada sklus 1
dilaksanakan pada siklus 2. Hal-hal yang perlu di pertahankan yang ada pada
siklus 1 dilaksanakan pada skilus 2.
B.
Subyek Penelitian
Subyek
Penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 3 Kotabumi tahun 2012. Di pilihnya kelas sebagai subyek
karena peniliti mengajar di kelas tersebut.
C.
Sumber Data
1.
Proses Belajar Siswa
Dalam
penelitian ini yang di maksud dengan proses belajar siswa adalah kemampuan siswa
untuk mencatat, interaksi antar siswa, interaksi antara siswa dan guru,
ketelitian siswa, kemampuan siswa menyimpulkan.
2.
Hasil Kerja Kelompok
Dalam
penelitian ini yang di maksud hasil kerja kelompok adalah kerapihan, kesesuian
dengan tugas, kebenaran jawaban, tanggung jawab.
3.
Hasil Belajar
hasil
belajar siswa yang di maksud dalam penelitian ini adalah nilai diperoleh dari
hasil tes setiap siklus pembelajaran.
D.
Teknik Pengumpulan Data
1.
Pengamatan
Pengamatan
dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung oleh observer berdasarkan
instrumen berikut:
Tabel
2. Format pengamatan proses belajar
DAFTAR
PUSTAKA
Supriyadi
dkk, Volume 4 No 1 2001, Buletin Pelangi
Pendidikan, Penerbit Proyek
Perluasan
dan Peningkatan Mutu SLTP, Jakarta, 52 halaman
Supriyadi
dkk, Volume 4 No 2 2001, Buletin Pelangi
Pendidikan, Penerbit Proyek
Perluasan
dan Peningkatan Mutu SLTP, Jakarta, 60 halaman
Wiriaatmadja,
Rochiati, 2008, Metode Penelitian
Tindakan Kelas, Penerbit PT
Remaja
Rosdakarya, Jakarta, 258 halaman.
Adlan,
Aidin & Rinderiana, Bimbingan Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
Penerbit
Dita Kurnia, Kudus, 92 halaman
Signomic.wordpress.com/2010/05/09/manfaat-fungsi-cd-interaktif
Pengertian-interaktif-blogspot.com/
Cdbahanajar.wordpress.com/.../pengertian-cd-interaktif
www.techforedu.org/2011/09/pemanfaatan-media-cd-interaktif-html
2.
Penilaian kelompok
Penilaian
kelompok berdasarkan instrumen beikut:
Tabel
3. Format penilaian dokumen hasil kerja kelompok
No
|
Kriteria
|
score
|
||
a
|
b
|
c
|
||
1.
|
Kerapihan
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan tugas
|
|
|
|
3.
|
Kebenaran Jawaban
|
|
|
|
4.
|
Tanggung Jawab
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Ket : a = Amat baik
b = Baik
c = Cukup
3.
Tes
Tabel
4. Data nilai hasil Tes
Tidak ada komentar:
Posting Komentar