Proposal
Penelitian Tindakan Kelas
(
PTK )
MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI TSTS
PADA
SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 9 KOTABUMI
TAHUN
2012
Diajukan sebagai syarat kenaikan
pangkat dari golongan III.C ke III.D
Oleh :
SADIKIN,S.Pd
NIP.19810227 200604 1 010
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN
LAMPUNG UTARA
SMP NEGERI 9 KOTABUMI
TAHUN 2012
LEMBAR
PENGESAHAN
MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI
TSTS
PADA
SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 9 KOTABUMI
TAHUN
2012
Oleh
:
Nama : SADIKIN,S.Pd
NIP :
19810227 200604 1 010
Pangkat
/ Golongan :
Penata / III C
Unit
Kerja : SMP
Negeri 9 Kotabumi
Mengetahui Kotabumi,…………….. 2012
Kepala SMP Negeri 9 Kotabumi Yang membuat PTK
YUKE KANIADEWI,S.Pd,MM SADIKIN,S.Pd
NIP.19630808 199802
2 002 NIP.
19810227 200604 1 010
ABSTRAK
Sadikin
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI
TSTS
PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP
NEGERI 9 KOTABUMI
TAHUN 2012
Sejak
tahun 2007 SMP sudah menggunakan KTSP yang dibuat oleh seluruh warga
sekolah.Dalam KTSP itu termuat mata pelajaran Matematika dengan jumlah 6 jam
mata pelajaran setiap minggu.Adapun yang mempengaruhi aktivitas belajar Matematika
pada SMP diantaranya adalah meningkatnya aktivitas siswa,interaksi antar siswa
dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,pemenuhan
tugas siswa.Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui peningkatan hasil belajar
Matematika melalui TSTS dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa
kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012.
Penelitian
Tindakan kelas ini,subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 9
Kotabumi.Dan sumber data yang digunakan adalah aktivitas belajar siswa,hasil
belajar siswa,dan hasil kerja kelompok siswa.Dalam proses pengembalian data
penulis menggunakan teknik observasi,test,dan penilaian portofolio ( Kerja
Kelompok ).
Berdasrkan
hasil penelitian ,diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar Matematika melalui Jigsaw
dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP
Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 yaitu selalu memberikan peningkatan dari pertemuan
pertama sampai keenam.Adapun Data Test siswa selalu memberikan peningkatan dari
pertemuan pertama sampai keenam pada siswa kelas VIII A dengan peningkatan
sebagai berikut : Hasil tes individual siswa pada pertemuan pertama diperoleh
skor Tuntas sebanyak siswa dan Belum
Tuntas sebanyak siswa. pertemuan kedua
diperoleh skor Tuntas sebanyak siswa
dan Belum Tuntas sebanyak siswa. pertemuan
ketiga diperoleh skor Tuntas sebanyak
siswa dan Belum Tuntas sebanyak
siswa. pertemuan keempat diperoleh skor Tuntas sebanyak siswa dan Belum Tuntas sebanyak siswa. pertemuan kelima diperoleh skor Tuntas
sebanyak siswa dan Belum Tuntas
sebanyak siswa pertemuan keenam
diperoleh skor Tuntas sebanyak siswa
dan Belum Tuntas sebanyak siswa.
KATA PENGANTAR
Puji
serta syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena dengan rahmat,dan
hidayah-Nya,sehingga penulis dapat menyelesaikan Penulisan Tindakan Kelas (PTK)
ini tepat pada waktunya dengan judul “Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Melalui TSTS Pada
Siswa Kelas VIII A Di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012”.
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan PTK ini masih banyak terdapat kekurangan,oleh
karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan
demi perbaiakan isi PTK ini dikemudian hari.
Dan
pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1. Kepala Sekolah dan beserta seluruh
dewan Guru SMP N 9 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara yang telah banyak membantu
penulis dalam memperoleh data-data yang penulis butuhkan.
2. Orang Tuaku Tersayang,yang turut
memberikan dorongan serta semangat dalam belajar hingga penulis dapat
menyelesaikan PTK ini tepat pada waktunya.
Penulis
berharap semoga PTK ini dapat bermanfaat baik bagi penulis sendiri,maupun bagi
para dewan guru lanjutan sebagai reperensi atau literatur.
Kotabumi,17 Oktober 2012
SADIKIN,S.Pd
NIP.19810227
200604 1 010
DAFTAR
ISI
Logo.................................................................................................
Pengesahan................................................................................................ ii
Absrak....................................................................................................... iii
Kata
Pengantar.......................................................................................... iv
Dafta
isi..................................................................................................... v
Daftar
Tabel............................................................................................... vi
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah.............................................. 1
B. Identifikasi
Masalah....................................................
C. Rumusan
Masalah.......................................................
D. Tujuan dan Manfaat
Penelitian...................................
BAB II : KAJIAN PUSTAKA
A.Pembelajaran
Matematika
di SMP N 9 Kotabumi…..
B. Kajian
Teori.................................................................
C. Jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).......................
BAB III : METODE PENELITIAN
A. Setting.........................................................................
B. Subyek
Penelitian........................................................
C. Sumber
Data................................................................
D. Teknik Pengumpulan
Data..........................................
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Kondisi
Sekolah..........................................................
B. Hasil
Penelitian............................................................
1. Siklus 1
....................................................................
2. Siklus 2
....................................................................
C. Pembahasan.................................................................
BAB V : PENUTUP
A. Kesimpulan..................................................................
B. Saran –
saran................................................................
DATAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel.1 Jadual Penelitian Tindakan Kelas (PTK) .................................
Tabel.2 Data Aktivitas Belajar Siswa
....................................................
Tabel.3 Nilai Test Siswa
........................................................................
Tabel.4 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok )
..................................
Tabel.5 Data Aktivitas Belajar Siswa
....................................................
Tabel.6 Nilai Test Siswa
........................................................................
Tabel.7 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok )
..................................
Tabel.8 Data Aktivitas Belajar Siswa
.....................................................
Tabel.9 Nilai Test Siswa
.........................................................................
Tabel.10 Penilaian Portofolio
..................................................................
Tabel.11 Data Aktivitas Belajar Siswa ....................................................
Tabel.12 Nilai Test Siswa
........................................................................
Tabel.13 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok )
.................................
Tabel.14 Data Aktivitas Belajar Siswa
....................................................
Tabel.15 Nilai Test Siswa
........................................................................
Tabel.16 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok )
.................................
Tabel.17 Data Aktivitas Belajar Siswa
....................................................
Tabel.18 Nilai Test Siswa
........................................................................
Tabel.19 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok ) .................................
Tabel.20 Data Aktivitas Belajar Siswa
....................................................
Tabel.21 Nilai Test Siswa
........................................................................
Tabel.22 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok )
.................................
Tabel.23 Data Aktivitas Belajar Siswa
....................................................
Tabel.24 Nilai Test Siswa
..........................................................................
Tabel.25 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok )
...................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang masalah
Dalam
pembelajaran aktivitas dan kreatif mengandung makna ,siswa mampu mengikuti
pembelajaran yang efektif,efisien dan menyenangkan.Oleh sebab itu guru harus
menggunakan bermacam-macam model pembelajaran yang menarik untuk ,mencapai
hasil yang diharapkan diantaranya adalah menggunakan model kooperatif tipe TSTS
Bila
kita amati dilapangan ,bahwa guru sudah menunjukkan kinerja maksimal didalam
menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendidik,pengajar dan pelatih.Akan
tetepi barangkali masih ada sebagian guru yang belum menunjukkan kinerja
baik,tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja guru secara makro
Sejak
tahun tahun 2007 SMP N 9 Kotabumi sudah menggunakan KTSP yang dibuat oleh
seluruh warga sekolah.Dalam struktur KTSP itu termuat mata pelajaran Matematika
dengan jumlah 6 jam pelajaran setiap minggunya.Dalam dokumen 1 KTSP telah
dilengkapi dengan hari efektif dan disesuaikan dengan dokumen 2 telah memuat
Silabus,RPP Berkarakter setiap mata pelajaran secara lengkap termasuk mata
pelajaran Matematika.Adapun mempengaruhi aktifitas belajar Matematika pada SMP
N 9 Kotabumi diantaranya adalah meningkatnya aktivitas belajar siswa,interaksi
antar siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar
siswa,prestasi siswa,pemenuhan tugas siswa,ketepatan waktu,keberanian,kemampuan
dan tanggung jawab.
Berdasarkan
evaluasi diri sekolah,baik Ujian Nasional dan Ujian Sekolah pada tahun lalu
diperoleh nilai rata-rata belajar yang kurang memuaskan.Sehingga penulis
tertarik untuk melakukan penelitan dengan judul”Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui TSTS Pada Siswa Kelas VIII A Di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012”
B. Identifikas
masalah
Berdasarkan
uraian pada latar belakang masalah diatas,maka dapat diidentifikasi masalah
sebagai berikut:
1. Apakah
TSTS dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A di
SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?
2. Apakah
TSTS dapat meningkatkan interaksi antar siswa dengan siswa dalam pembelajaran
Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?
3. Apakah
TSTS dapat meningkatkan interaksi antar siswa dengan guru dalam pembelajaran Matematika
pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?
4. Apakah
TSTS dapat meningkatkan kerja sama dalam pembelajaran Matematika pada siswa
kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?
5. Apakah
TSTS dapat meningkatkan prestasi dalam pembelajaran Matematika pada siswa
kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?
6. Apakah
TSTS dapat meningkatkan pemahaman tugas dalam pembelajaran Matematika pada
siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 ?
7. Apakah
TSTS dapat meningkatkan ketepatan waktu dalam pembelajaran Matematika pada
siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 ?
8. Apakah
TSTS dapat meningkatkan keberanian dalam pembelajaran Matematika pada siswa
kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 ?
9. Apakah
TSTS dapat meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran Matematika pada siswa
kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 ?
10. Apakah
TSTS dapat meningkatkan
Tanggungjawab dalam pembelajaran Matematika
pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 ?
C. Rumusan masalah
Berdasarkan
identifikasi masalah ,peneliti membatasi rumusan masalah sebagai berikut : Apakah TSTS dapat meningkatkan hasil belajar
Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?
D. Tujuan
dan manfaat penelitaian
1. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Penelitan Tindakan Kelas (PTK) ini adalah
sebagai berikut:
a. Meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa
b.Meningkatkan interaksi antar siswa dengan siswa
dalam belajar Matematika
c.Meningkatkan interaksi antar siswa dengan guru
dalam belajar Matematika
d. Meningkatkan kerjasama belajar Matematika pada siswa
e. Meningkatkan prestasi belajar Matematika pada siswa
f.
Meningkatkan pemahaman tugas belajar Matematika pada siswa
2. Manfaat Penelitaian Tindakan Kelas (PTK)
Diharapkan penelitian tindakan kelas ini dapat bermanfaat bagi lingkungan pendidikan terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara beserta jajaranya dapat memfasilitasi work shop baik tingkat kabupaten maupun kecamatan untuk melakukan Penelitaian Tindakan Kelas (PTK),sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa,interaksi siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswaa,dan pemenuhan tugas siwa di SMP Kabupaten Lampung Utara terutama pada SMP Negeri 9 Kotabumi
Diharapkan penelitian tindakan kelas ini dapat bermanfaat bagi lingkungan pendidikan terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara beserta jajaranya dapat memfasilitasi work shop baik tingkat kabupaten maupun kecamatan untuk melakukan Penelitaian Tindakan Kelas (PTK),sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa,interaksi siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswaa,dan pemenuhan tugas siwa di SMP Kabupaten Lampung Utara terutama pada SMP Negeri 9 Kotabumi
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Pembelajaran
Matematika
di SMP N 9 Kotabumi
Karakteristik Matematika
memililki ciri khas yang menanamkan keseimbangan antara kognitif,afektif dan
psikomotorik.Adapun tujuan umum pengajaran Matematika di SMP dan MTs adalah
seperti tercantum dalam kurikulum Madrasah Tsanawiyah tahun 2004 adalah sebagai
berikut:
1.
Melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik
kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen,
menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsisten.
2.
Mengembangkan aktifitas kreatif yang melibatkan
imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen,
orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, serta mencoba – coba.
3.
Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah
4.
Mengembangkan kemampuan meyampaikan informasi atau
meng-komunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan lisan, catatan,
grafik, peta, diagram, dalam menjelaskan gagasan.
Dengan demikian yang dimaksudkan
pembelajaran Matematika hendaknya dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa,interaksi antar siswa
dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa
dan pemenuhan tugas siswa di SMP Negeri 9 kotabumi.
B.
Kajian Teoritis
1. Pengertian TSTS
Pembelajaran
Kooperatif tipe Two Stay Two Sray (TSTS)
adalah pembelajaran kelompok dengan cara siswa berbagi pengetahuan dan
pengalaman dengan kelompok lain, (Suyatno, 2009:66). Selanjutnya Anita Lie
(2007:61) menyatakan bahwa struktur dua tinggal dua tamu memberikan kesempatan
kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain. Jadi
pada pembelajaran kooperatif ini memberikan kesempatan kepada kelompok untuk
membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain. Menurut (Anita Lie, 2007:62)
langkah–langkah pembelajaran kooperatif tipe TSTS adalah sebagai berikut :
1)
Siswa
bekerjasama dalam kelompok berempat seperti biasa
2)
Setelah
selesai, dua orang dari masing–masing kelompok akan meninggalkan kelompoknya
dan masing–masing bertamu kedua kelompok yang lain.
3)
Dua orang yang tinggal dalam kelomnpok
bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka
4)
Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok
mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
5)
Kelompok mencocokkan dan membahas
hasil–hasil kerja mereka.
2. Pengertian
PTK
Istilah dalam bahasa inggris adalah Classroom Action Research (CAR).Dari
namanya sudah menunjukkan isi yang terkandung didalamnya,yaitu sebuah kegiatan
yang dilakukan dikelas.Dikarenakan ada tiga kata yang membentuk pengertian
tersebut,maka ada tiga pengertian yang didapat.
a.
Penelitan - menunjuk pada suatu kegiatan mencermati suatu
objek dengan menggunakan cara dan aturan metodelogi tertentu untuk memperoleh
data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik
minat dan penting bagi peneliti
b.
Tindakan – menunjujk pada suatu gerak
kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu.Dalam kegiatan berbentuk
rangkaian siklus kegiatan untuk siswa.
c.
Kelas – dalam hal ini tidak terikat pada
pengertian ruang kelas ,tetapi dalam pengertian yang lebih spesifik.Yang sudah
lama dikenali dalam bidang pendidikan dan pengajaran,yang dimaksud dengan
istilah kelas adalah kelompok siswa yang dalam waktu yang sama,menerima
pelajaran yang sama dari guru yang sama pula (suharsimi ,dkk.2001:2).
3.
Model Pembelajaran
Selama
ini model pembelajaran yang diterapkan di SMP N 9 Kotabumi terutama mata
pelajaran Matematika menggunakan medel pembelajarn yang sifatnya ceramah.Oleh
sebab itu peneliti akan menggunakan model pembelajaran artikulasi,yang
diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar,interaksi siswa dengan
siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,dan
pemenuhan tugas siswa pada kelas VIII A di SMP N 9 Kotabumi.
C.
Jenis Penelitian Tindakan Kelas
Karena
data-data yang ingin dikumpulkan adalah meningkatkan aktivitas
belajar,interaksi siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama
antar siswa,prestasi siswa,dan pemenuhan tugas siswa pada kelas VIII A di SMP N
9 Kotabumi.Maka dari itu peneliti menggunakan metode kualitatif deskripsi.
Adapun
tahapan penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan sebagai berikut
(suharsimi,dkk.2001:17):
1.
Tahap Rancangan Tindakan (Planning)
Dalam tahap ini
menjelaskan tentang apa,mengapa,kapan,dimana,oleh siapa,dan bagaimana tindakan tersebut
dilakukan .Penelitian tindakan yang ideal sebetulnya dilakukan secara
berpasangan antara pihak melakukan tindakan dan pihak yang mengamati proses
jalannya tindakan.
2.
Tahapan Pelaksanaan Tindakan (Acting)
Tahap kedua dari
penelitian tindakan adalah pelaksanaan yang merupakan implementasi atau
penerapan isi rancangan,yaitu mengenai tindakan dikelas
3.
Tahap Pengamatan (Observing)
Tahap ketiga yaitu
kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh pengamat.
4.
Tahap Refleksi (Reflecting)
Tahap keempat merupakan
kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah dilakukan .
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Setting
1. Tempat dan waktu Penelitian Tindakan
Kelas (PTK)
Tempat
setting pada penelitian ini adalah SMP N 9 Kotabumi kecamatan kotabumi kota
Kabupaten Lampung Utara.Adapun waktu penelitian selama 1,5 bulan dari tanngal 03 september sampai
dengan 17 oktober 2012
2. Observer
Obsever
pada Penelitian Tindakan Kelas ini saya sangat di bantu dua orang guru yaitu
Nursalam,S.Pd dan Suwarni,S.Pd dengan alasan untuk membantu,mempermudah dan
tercapainya objektivitas dalam penelitian ini
3. Rancangan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Rancangan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK),dilakukan dengan 2 siklus masing-masing siklus yaitu :
a. Siklus
1 terdiri dari pertemuan 1,pertemuan 2,pertemuan 3
b. Siklus
2 terdiri dari pertemuan 4,pertemuan 5,pertemuan 6
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada
jawal tabel berikut:
Tabel.1Jadwal
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
NO
|
Hari/Tanggal
|
Siklus
|
Pertemuan
|
Materi
|
Waktu
|
1.
|
Rabu,
04 September 2012
|
1
|
1
|
|
2 Jam
|
2.
|
Kamis,
05 September 2012
|
2
|
|
2 Jam
|
|
3.
|
Senin,
10 September 2012
|
3
|
|
2 Jam
|
|
4.
|
Rabu,
12 September 2012
|
2
|
4
|
|
2 Jam
|
5.
|
Kamis,
13 September 2012
|
5
|
|
2 Jam
|
|
6
|
Senin,
17 September 2012
|
6
|
|
2 Jam
|
B.
Subjek Penelitian
Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII A,yang terdiri dari laki-laki 10 orang ,perempuan 14 orang jumlah
keseluruhan 24 siswa,dipilih kelas ini subjek penelitian karena dapat
mewakilikelas yang lain dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar Matematika
C.
Sumber Data
Adapun sumber data
dalam penelitian ini adalah :
1. Aktivitas belajar siswa yang meliputi :
a. Interaksi antara siswa dengan siswa
b. Interaksi antara siswa dengan guru
c. Kerjasama antar siswa
d. Prestasi siswa
e. dan
pemenuhan tugas siswa kelas VIII A di SMP N 9 Kotabumi
2. Hasil belajar siswa
Hasil
belajar siswa ini diperoleh dari hasil tes secara individu terhadap materi yang
disampaikan.
3. Hasil
kerja kelompok siswa
Hasil
kerja kelompok siswa diperoleh dari hasil kerja setiap kelompok sesuai dengan
materi yang dipelajari.
D.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data pada Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini adalah sebagai
berikut :
1. Observasi
Untuk
mendapatkan data aktivitas belajar dengan menggunakan tabel sebagai berikut:
Tabel
2. Data Aktivitas Belajar Siswa
NO
|
Aktivitas
|
Skor
|
||
A
|
B
|
C
|
||
1.
|
Meningkatkan aktivitas belajar siswa
|
|
|
|
2.
|
Interaksi
antara siswa dengan siswa
|
|
|
|
3
|
Interaksi
antara siswa dengan guru
|
|
|
|
4
|
Kerjasama
antar siswa
|
|
|
|
5
|
Prestasi siswa
|
|
|
|
6
|
pemenuhan
tugas siswa
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Ket
: A = Amat Baik
B = Baik
C
= Cukup
Kotabumi,.......................2012
Guru Mata Pelajaran
SADIKIN,S.Pd NIP.19810227 200604 1 010
2. Test
Test
dilaksanakan pada akhir pertemuan dalam bentuk essay dan hasil tes dapat
dilihat pada tabel sebagai berikut:
Tabel.3
Nilai Test siswa
NO
|
Nama
|
Nilai
|
KKM
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Kotabumi,.......................2012
Guru Mata Pelajaran
SADIKIN,S.Pd NIP.19810227 200604 1 010
3.
Penilaian Portofolio ( Kerja kelompok )
Untuk
menihat hasil kerja kelompok siswa dapat dilihat pada tabel sebagai berikut
Tabel
.4 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok )
NO
|
Aktivitas
|
Skor
|
||
A
|
B
|
C
|
||
1.
|
Ketepatan
waktu
|
|
|
|
2.
|
Keberanian
|
|
|
|
3.
|
Kemampuan
|
|
|
|
4.
|
Tanggung
jawab
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Ket
: A = Amat Baik
B = Baik
C
= Cukup
Kotabumi,.......................2012
Guru Mata Pelajaran
SADIKIN,S.Pd NIP.19810227 200604 1 010
PENUTUP
A.Kesimpulan
Peningkatan
hasil belajar siswa dapat terwujud apabila seorang guru dapat berinovatif dalam
proses belajar mengajar.salah satu cara berinovatif yang penulis akan
laksanakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Sray (TSTS).Dengan menggunakan
model TSTS Penulis Mengharapkan adanya peningkatan hasil belajar yang lebih
baik,diantaranya adalah meningkatnya aktivitas belajar siswa,interaksi antar
siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi
siswa,pemenuhan tugas siswa,ketepatan waktu,keberanian,kemampuan dan tanggung
jawab.
B.Saran
Dengan
adanya Permenpan Tahun 2009,dimana seorang dituntut untuk menulis karya ilmiah
salah satunya penelitian tindakan kelas,maka diharapkan pemerintah juga
meberikan perhatian Khusus kepada guru dalam bentuk fasilitas berupa pelaihan – pelatihan dan dana sehingga mutu
guru yang diharapkan bisa tercapai.
DAFTAR
PUSTAKA
Al Barry, M Dahlan.2004.” KAMUS ILMIAH POPULER
“ Arloka : Surabaya.
Arikunto,Suharsimi.dkk.2010 “ PENELITIAN
TINDAKAN KELAS “.PT.Bumi Aksara : Jakarta.
Budiman,Dasim.Dkk.2009.”PAKEM Pembelajaran Aktif,Kreatif,Efektif,dan
Menyenangkan”.PT.Ganesindo : Bandung.
Nasution.2009.”BERBAGAI PENDEKATAN dalam PROSES
BELAJAR & MENGAJAR”.PT.Bumi Aksara : Jakarta.
Permen No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Pendidikan Nasional
Data Aktivitas Belajar Siswa
NO
|
Aktivitas
|
Skor
|
||
A
|
B
|
C
|
||
1.
|
Meningkatkan aktivitas belajar siswa
|
|
|
|
2.
|
Interaksi
antara siswa dengan siswa
|
|
|
|
3
|
Interaksi
antara siswa dengan guru
|
|
|
|
4
|
Kerjasama
antar siswa
|
|
|
|
5
|
Prestasi siswa
|
|
|
|
6
|
pemenuhan
tugas siswa
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Ket
: A = Amat Baik
B = Baik
C
= Cukup
Kotabumi,.......................2012
Guru Mata Pelajaran
SADIKIN,S.Pd NIP.19810227
200604 1 010
Nilai
Test siswa
NO
|
Nama
|
Nilai
|
KKM
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Kotabumi,.......................2012
Guru Mata Pelajaran
SADIKIN,S.Pd NIP.19810227
200604 1 010
Penilaian Portofolio (
Kerja Kelompok )
NO
|
Aktivitas
|
Skor
|
||
A
|
B
|
C
|
||
1.
|
Ketepatan
waktu
|
|
|
|
2.
|
Keberanian
|
|
|
|
3.
|
Kemampuan
|
|
|
|
4.
|
Tanggung
jawab
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Ket
: A = Amat Baik
B = Baik
C
= Cukup
Kotabumi,.......................2012
Guru Mata Pelajaran
SADIKIN,S.Pd NIP.19810227
200604 1 010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar